Solusi Tidak Bisa Install Aplikasi Google Chrome di Xiaomi

Solusi Tidak Bisa Install Aplikasi Google Chrome di Xiaomi

KEPOINDONESIA.id - Google Chrome salah satu aplikasi browser paling populer dan paling banyak digunakan berkat populernya sistem operasi Android. Karena setiap perangkat Android pasti akan ada aplikasi Chrome karena Chrome menjadi browser default Android.

Banyaknya aplikasi browser yang muncul tidak akan bisa menyaingi fitur dan kelebihan lainnya yang ada di Google Chrome. Oleh karena itu Chrome tetap eksis dan banyak diminati pengguna khususnya pengguna perangkat mobile.

Tidak hanya di perangkat mobile saja, pengguna perangkat desktop seperti Laptop dan Komputer juga menggunakan Google Chrome sebagai browser andalan mereka. Walaupun terkadang Chrome berlebihan dalam menggunakan CPU akan tetapi Chrome masih banyak diminati.

Karena Google Chrome menjadi salah satu aplikasi default Android, seharusnya di semua perangkat Android Google Chrome sudah tersedia. Tetapi nyatanya ada beberapa perangkat yang tidak ada Google Chrome salah satunya perangkat Xiaomi tertentu.

Apa yang dimaksud dengan perangkat Xiaomi tertentu? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi browser Xiaomi tidak bisa digunakan serta cara mengaktifkan kolom Bookmark di Google Chrome versi desktop.

Penyebab utama kenapa perangkat Android Xiaomi tidak memiliki Google Chrome dan aplikasi dari Google lainnya serta tidak bisa di install aplikasi dari Google termasuk Google Chrome karena perangkat Xiaomi tersebut menggunakan ROM China.

Setidaknya ada 3 ROM yang perlu kalian ketahui yang umum ditemui di perangkat Xiaomi yaitu China, Global, dan Indonesia. ROM Global dan ROM Indonesia adalah ROM terbaik karena ROM ini yang umum digunakan dan tidak ada ketentuan khusus yang diterapkan di negara China.

Karena ROM China milik Xiaomi tidak memiliki GMS atau Google Mobile Services maka aplikasi besutan Google seperti Google Chrome tidak menjadi aplikasi default dan tidak bisa begitu saja kalian install.

Ada beberapa solusi yang bisa kalian coba yang paling mudah yaitu kalian wajib install GMS sampai berhasil atau install lewat Android Package Installer. Jika di aplikasi GetApps tersedia kalian juga bisa install lewat GetApps.

Tetapi saran saya supaya di kemudian hari tidak repot lebih baik kalian ganti ROM perangkat Android Xiaomi kalian dari ROM China ke Global atau Indonesia. Jika tidak bisa melakukannya sendiri minta ke teman kalian yang bisa atau minta ke teman komunitas terdekat.

Jadi itu yang menyebabkan Google Chrome tidak bisa di install di Xiaomi, tidak hanya di Xiaomi di Huawei juga bisa terjadi karena Huawei sudah tidak menggunakan Android lagi. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat dan kalian tidak bingung lagi.

Penasaran dengan aplikasi yang ada di Android kenapa formatnya APK? jika kalian penasaran dan belum tau kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan file .APK yang ada di Android serta bagaimana cara mendapatkan file APK.


EmoticonEmoticon