3 Solusi Mengatasi WhatsApp Pending Tidak Bisa Mengirim Pesan

Solusi Mengatasi WhatsApp Pending Tidak Bisa Mengirim Pesan

KEPOINDONESIA.id - Pending menjadi masalah tersendiri saat kita mengirim pesan di aplikasi chatting seperti WhatsApp. Jika pending pesan yang kalian kirimkan tidak akan terkirim dan pesan baru juga tidak akan masuk.

Istilah pending sebelumnya cukup populer di saat Blackberry Messenger atau BBM menjadi aplikasi chatting paling populer. Karena BBM sudah tidak ada dan yang populer kini WhatsApp, maka pending sering dikeluhkan di aplikasi WhatsApp.

Ciri pesan pending atau belum terkirim yaitu akan muncul ikon jam seperti stopwatch. Artinya pesan masih menunggu dikirimkan karena hal-hal yang tidak terduga seperti server WhatsApp gangguan atau kuota internet habis.

Apa bisa pending di WhatsApp diatas supaya pesan bisa terkirim? saya jawab tergantung dari penyebabnya. Untuk tau semuanya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai supaya kalian tau cara mengatasi pesan WA yang tidak terkirim karena pending.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara edit kontak di WhatsApp serta fungsi mode WhatsApp yang ada di HP Infinix.

Solusi Pesan WhatsApp Tidak Terkirim Karena Pending


1. Masalah Koneksi Internet


Yang perlu kalian perhatikan pertama yaitu koneksi internet yang kalian gunakan. WhatsApp perlu koneksi internet untuk bisa mengirim dan menerima pesan masuk. Jadi pastikan koneksi internet yang kalian gunakan.

Untuk sekedar mengirim pesan teks tidak butuh koneksi internet kencang atau stabil. Walaupun tidak stabil pesan berupa teks bisa dikirimkan dengan mudah. Berbeda dengan pesan yang didalamnya ada media foto atau video.

2. WhatsApp Error


WhatsApp error sering terjadi jika kalian tidak pernah mereboot perangkat kalian. Tidak hanya WhatsApp, aplikasi lainnya juga bisa error jika perangkat tidak pernah di reboot atau dimatikan dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu penyimpanan telepon yang sangat sedikit juga bisa mempengaruhi kinerja aplikasi seperti WhatsApp. Jadi selain rutin reboot perangkat kalian harus menyisakan ruang penyimpanan telepon supaya bisa digunakan untuk menyimpan data aplikasi.

3. Server WhatsApp Bermasalah


Tidak ada yang bisa kalian lakukan jika server WhatsApp bermasalah. Tidak hanya kalian, seluruh pengguna WhatsApp di seluruh dunia akan merasakannya. Jadi kalian hanya perlu menunggu sampai server normal kembali.

Kesimpulannya pending yang sering terjadi WhatsApp disebabkan oleh banyak faktor. Faktor utamanya yaitu berasal dari koneksi internet dan server WhatsApp yang sering bermasalah atau error.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Fitur Fleets di Twitter tidak muncul? kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas tentang Fleets yang tidak muncul di Twitter.


EmoticonEmoticon