3 Penyebab Saldo E-Money Tidak Muncul Saat Di Cek

3 Penyebab Saldo E-Money Tidak Muncul Saat Di Cek

KEPOINDONESIA.id - Uang elektronik berupa E-Money kini sudah banyak digunakan dan dimiliki oleh masyarakat. Jika tinggal di perkotaan saya rasa E-Money wajib dimiliki karena digunakan untuk pembayaran beberapa transportasi umum dan pembayaran tol.

Selain itu sekarang kalian juga bisa menggunakan E-Money saat berbelanja di minimarket. Karena bisa digunakan sebagai pembayaran di minimarket pengguna E-Money menjadi banyak dan sudah menjadi hal biasa.

Apa bedanya berbelanja di minimarket menggunakan uang cash, kartu debit/kredit, dan E-Money? tentu saja ada. Karena banyak potongan harga dan cashback yang hanya bisa didapatkan jika pembeli melakukan pembayaran dengan E-Money.

Masalah utama yang berkaitan dengan E-Money ialah masalah isi saldo dan cek sisa saldo. Saldo di E-Money tidak bisa di cek secara digital lewat internet seperti saldo di rekening bank yang bisa di cek lewat internet banking dan mobile banking.

Saldo E-Money hanya bisa di cek dengan bantuan perangkat NFC. Mudahnya jika ingin mengecek saldo E-Money perangkat kalian 'smartphone' harus sudah mendukung fitur NFC atau Near Field Communication.

Selain itu tidak semua E-Money bisa di isi ulang lewat HP walaupun bisa cek saldo yang tersedia. Bagaimana jika saat cek saldo atau ingin isi ulang E-Money tetapi saldo tidak muncul alias tidak terhubung?

Supaya kalian tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai karena saya akan jelaskan apa saja penyebabnya. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mudah top up saldo ShopeePay serta solusi NFC tidak berfungsi.

Penyebab Tidak Bisa Cek Saldo E-Money


1. Caranya Salah


Saya anggap perangkat yang kalian gunakan mendukung NFC dan NFC dapat berfungsi. Cara menghubungkan E-Money dengan perangkat yaitu dengan cara menempelkan kartu E-Money ke belakang perangkat dan tunggu sampai terdeteksi.

Kebanyakan orang tidak tepat menempelkannya atau tidak menunggu sampai saldo terdeteksi. Biasanya bagian NFC terletak di dekat kamera belakang dan durasi NFC mendeteksi E-Money mulai dari 2-5 detik.

2. Pastikan NFC Aktif


Penyebab yang satu ini khusus untuk perangkat Android karena di iPhone fitur NFC selalu aktif alias mati jika tidak digunakan dan akan aktif ketiga mendapat respon. Jadi pastikan fitur NFC di perangkat kalian sudah benar-benar aktif.

3. Pastikan Buka di Aplikasi Terkait


Sebagai contoh saya memiliki E-Money dari bank Mandiri, maka saya akan mengecek dan isi saldo E-Money tadi di aplikasi dari bank Mandiri bukan di aplikasi dari bank BCA. Kecuali jika kalian memiliki E-Money Brizzi kalian bisa melakukannya di mobile banking bank BCA.

Supaya tidak penasaran kalian bisa coba sendiri cek dan isi saldo E-Money di aplikasi yang berbeda dengan jenis E-Money tadi. Walaupun secara umum semua E-Money sama akan tetapi E-Money tersebut diterbitkan oleh perusahaan yang berbeda.

Jika dari ketiga penyebab diatas tidak ada yang kalian alami kemungkinan karena penyebab lain seperti masalah NFC di perangkat yang kalian miliki. Jika NFC sudah bermasalah kemungkinan nantinya juga akan bermasalah terus.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Bluetooth di HP kalian tidak terdeteksi di perangkat lain? jika iya kalian bisa baca artikel tentang kenapa Bluetooth tidak terdeteksi.


EmoticonEmoticon