Pengertian PnP di Dunia Otomotif

Pengertian PnP di Dunia Otomotif

KEPOINDONESIA.id - Mengganti komponen motor atau mobil dengan variasi menjadi salah satu cara supaya penampilan kendaraan menjadi lebih keren lagi. Selain penampilan, ada juga yang meningkatkan performa.

Saya sendiri lebih suka memanfaatkan variasi untuk penampilan, sedangkan untuk urusan mesin dan bagian lainnya lebih baik standar saja. Hampir semua orang yang membeli variasi ingin bisa langsung memasangnya tanpa ada perubahan.

Sayangnya cukup banyak onderdil yang membutuhkan perubahan supaya bisa dipasang. Nah onderdil variasi yang bisa langsung dipasang biasanya disebut PnP. Jika PnP berarti onderdil atau komponen tersebut bisa dipasang langsung tanpa ada perubahan sedikit pun.

Tapi yang menjadi pertanyaan apa sebenarnya yang disebut dengan PnP? Untuk tau jawabnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya.

Seperti apa perbedaan Montir dan Mekanik serta apa yang dimaksud dengan istilah Repsol di grup Facebook. PnP, salah satu istilah yang sering digunakan dalam jual beli onderdil sepeda motor dan mobil baik variasi, original, atau kw.

Apa PnP itu? PnP sendiri singkatan dari Plug and Play. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia memiliki arti Pasang dan Mainkan. Jadi nanti onderdil tinggal dipasang tanpa perlu ubahan dan siap digunakan.

Sebagai contoh knalpot, velg, atau kaliper. Ubahan pada onderdil non PnP cukup bervariasi tergantung jenis komponennya. Baik menambah atau mengurangi bagian yang sudah ada dan itu perlu dilakukan.

Oleh karena itu jika tidak ingin ubahan khususnya pengurangan kalian wajib cari komponen yang PnP. Langsung bisa dipasang tanpa perlu mengurangi bagian yang sudah ada atau menambah komponen yang belum ada.

Memang terkadang banyak onderdil yang tidak PnP karena sifatnya universal. Akan tetapi yang PnP juga cukup banyak dan kalian hanya perlu mencari dan memastikan bahwa PnP pada kendaraan yang kalian miliki.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian. Ingin membeli shock YSS tetapi takut pasu? kalian bisa baca artikel tentang cara membedakan shock YSS yang asli dan yang palsu atau kw.


EmoticonEmoticon