Perbedaan Antara Android Auto dan Apple CarPlay Fitur Penghubung Smartphone Dengan Mobil

Perbedaan Antara Android Auto dan Apple CarPlay Fitur Penghubung Smartphone Dengan Mobil

KEPOINDONESIA.id - Bagi kalian yang sering menonton review mobil di situs berbagi YouTube pasti tidak asing dengan fitur yang namanya Android Auto dan Apple CarPlay. Fitur ini salah satu fitur yang tidak akan lupa di ulas oleh para reviewer.

Untuk Mobil seperti BMW dan Mercedes-Benz fitur ini adalah fitur yang pasti ada dari semua mobil keluaran terbaru dari kedua pabrikan tadi. Di beberapa mobil jepang pun kedua fitur tersebut sudah banyak diterapkan, tetapi pengoperasiannya masih sedikit ribet.

Lalu apasih yang disebut dengan Android Auto dan Apple CarPlay?. Fitur unik ini dapat menampilkan tampilan HP Android dan iOS ke head unit layaknya kita menampilkan tampilan ponsel pintar ke beberapa tipe Televisi, singkatnya ini seperti screen mirroring.

Baik Apple CarPlay atau Android Auto fiturnya sebenarnya hampir sama. Bedanya Android Auto khusus untuk ponsel yang menggunakan sistem operasi Android sedangkan Apple CarPlay khusus untuk ponsel iOS yaitu iPhone dan iPad.

Supaya lebih jelasnya kalian bisa simak penjelasan saya dibawah ini mengenai fungsi dan perbedaan antara kedua teknologi tadi. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara cek SPBU yang mendukung pembayaran MyPertamina serta fungsi dari lampu DRL pada Mobil.

Perbedaan Apple CarPlay dan Android Auto  


Sebenarnya perbedaan dan fungsi kedua teknologi tadi tidak jauh berbeda. Ada beberapa fitur yang dapat berjalan di Android Auto dan Apple CarPlay. Tetapi ada juga fitur yang hanya berjalan di Apple CarPlay saja.

Sebagai contoh fitur Google Maps milik Google. Maps dapat dioperasikan baik di Android Auto ataupun di Apple CarPlay. Tetapi Apple Map milik Apple tidak akan bisa di operasikan di Android Auto, karena ini khusus iOS dan hanya bisa digunakan dengan Apple CarPlay.

Fitur di Android Auto dan Apple CarPlay  


Selain itu aplikasi dan fitur yang digunakan pada Apple CarPlay jelas lebih sedikit dari pada Android Auto. Pasti kalian sudah tau penyebabnya, karena Apple tertutup tidak seperti Android yang open source.

Untuk minimal sistem operasi yang didukung masing-masing memiliki kriteria sendiri. Anggap saja jika kalian memiliki perangkat Android atau iOS keluaran terbaru maka kalian bisa menggunakan fitur tersebut jika Mobil yang kalian miliki juga mendukung.

Selain itu perbedaan lainnya yaitu fitur bawaan Android dan iOS, yaitu perintah suara. Dari segi penggunaan jelas Google Assistant adalah yang terbaik. Walaupun di beberapa segmen Apple sering lebih baik dari pada Google, tetapi pada segmen ini Google jauh lebih baik.

Untuk fungsi dan perbedaan lainnya kalian harus mencobanya sendiri. Tetapi fungsi dari kedua teknologi tadi sama saja. Hanya saja ada perbedaan nama dan beberapa fitur yang membuat kedua teknologi tadi terlihat berbeda.

Selain itu bagi kalian yang tidak tau ciri ban kendaraan bermotor yang kekurangan angin, kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan beberapa ciri saat ban motor kekurangan angin.


EmoticonEmoticon