3 Penyebab Kamera Laptop Buram atau Tidak Bagus

3 Penyebab Kamera Laptop Buram atau Tidak Bagus

KEPOINDONESIA.id - Di perangkat Laptop pasti ada yang namanya kamera di bagian atas layar. Walaupun tidak terlalu berguna dan bermanfaat akan tetapi kamera yang ada di perangkat desktop memiliki fungsi tersendiri.

Dari pada disebut kamera lebih cocok disebut sebagai Webcam. Webcam adalah kamera digital yang umumnya ada di perangkat desktop yang memiliki fungsi utama sebagai siaran langsung.

Singkatnya fungsi utama dari Webcam untuk digunakan video call lewat aplikasi Skype atau Zoom. Walaupun fungsi utamanya hanya untuk itu akan tetapi yang namanya kamera tetap saja kamera.

Bisa digunakan untuk memotret dan merekam video. Bagi kalian yang baru memiliki Laptop baik Laptop bekas atau baru pasti kalian akan kaget melihat kualitas Webcam atau kamera yang ada di Laptop.

Kualitasnya sangatlah pas-pasan tidak lebih dari cukup. Dari pada kualitas kamera yang ada di ponsel pintar di rentang harga yang sama kualitas kamera yang ada di Laptop sangatlah jelek sekali.

Namun sebelum memastikan bahwa kamera yang ada di Laptop buram atau memang jelek kalian harus memastikan beberapa hal terlebih dahulu. Tidak ada salahnya berharap akan tetapi rata-rata kualitas kamera yang ada di Laptop memang seperti itu.

Sebelum lanjut ke artikel tentang kamera atau Webcam di Laptop yang buram kalian bisa baca artikel lainnya yang berkaitan dengan kamera. Seperti apa yang dimaksud dengan Anti Banding serta solusi lampu flash kamera Andorid tidak menyala.

Kenapa Kamera di Laptop Bisa Buram dan Tidak Jelas?


1. Pastikan Bahwa Itu Memang Hasil Maksimal Kamera di Laptop Kalian


Untuk memastikannya memang cukup sulit akan tetapi kalian bisa bertanya di forum tentang kualitas kamera di Laptop yang sama dengan Laptop yang kalian miliki. Apakah memang buram dan tidak jelas atau bagaimana.

Cara ini sangat efektif untuk mengetahui bahwa kamera di Laptop kalian bermasalah atau tidak. Jika memang kualitasnya sudah seperti itu tidak ada yang bisa kalian lakukan. Karena fungsi utamanya hanya sebagai Webcam saja.

2. Masalah Driver Kamera


Jika kalian sudah memastikan bahwa Laptop yang kalian miliki seharusnya kameranya bagus dan jernih akan tetapi nyatanya tidak kalian harus melakukan pengecekan driver. Pastikan driver kamera ada atau aktif.

Misalnya driver tidak aktif silakan kalian aktifkan dan jika dirasa driver sudah usang dan tidak cocok lagi kalian bisa memperbarui driver dengan versi terbaru. Akan tetapi jika kalian tidak tau caranya jangan dilakukan seorang diri.

3. Gunakan Webcam Eksternal


Sebagus apapun dan semahal apapun Laptop yang kalian miliki tetap saja kualitas kamera atau Webcamnya pas-pasan. Untuk mengatasi masalah seperti itu banyak orang yang menggunakan Webcam eksternal.

Selain harganya terjangkau kualitas dari Webcam eksternal jauh lebih bagus dari pada Webcam yang ada di Laptop atau All in One PC. Oleh karena itu banyak pekerja kantoran hingga Youtuber yang menggunakan Webcam eksternal supaya hasil rekamannya lebih baik.

Untuk hasil yang maksimal dan jernih saat digunakan video call atau meeting secara daring memang diperlukan yang namanya Webcam eksternal. Tanpa itu saya kira kualitas yang bisa ditangkap dari sebuah Webcam bawaan tidak lebih dari cukup.

Sebelum saya akhiri mungkin kalian pernah mengalami aplikasi kamera di Andorid tidak bisa dibuka. Aplikasi kamera yang tidak bisa dibuka disebabkan oleh banyak faktor. Untuk tau apa faktor penyebabnya kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon