Contoh Transkrip Nilai SMK Lengkap Dari Kelas 1 sampai Kelas 3

Contoh Transkrip Nilai SMK Lengkap Dari Kelas 1 sampai Kelas 3

KEPOINDONESIA.id - Sewaktu SD dan SMP, jika lulus pasti dokumen yang akan kita dapatkan antara lainnya yaitu Ijazah, SKHU (Surat Keterangan Hasil Ujian) serta rapor kita dari awal masuk sampai lulus. Pasti 3 dokumen tersebut akan kita dapatkan sewaktu kita sudah lulus sekolah.

Untuk SD (Sekolah Dasar) sendiri memang lebih sedikit dari pada SMP (Sekolah Menengah Pertama), namun yang tidak lain dan tidak bukan yaitu Ijazah, SKHU, dan rapor. Malah kadang hanya Ijazah saja yang dibutuhkan untuk melanjutkan ke tingkat berikutnya.

Namun ternyata setelah saya lulus SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dokumen yang saya dapatkan ternyata lebih banyak seperti sertifikat kejuruan. Namun ada 1 dokumen penting selain Ijazah yang sering dibutuhkan seperti saat melamar pekerjaan, ialah Transkrip nilai.

Sebelum kelulusan dan saya mencoba untuk melamar kerja di salah satu perusahaan, ternyata mewajibkan untuk melengkapi dokumen transkrip nilai dari semester 1 sampai semester 6. Awalnya saya bingung dan tidak tau apa itu transkrip nilai.

Namun setelah kelulusan saya buka dokumen-dokumen yang diberikan dari pihak sekolah untuk kita ternyata banyak sekali isinya, dan salah satunya ialah transkrip nilai itu. Jadi kali ini saya akan memberikan contoh transkrip nilai SMK.

Untuk di SMA sendiri saya kurang tau ada transkrip nilai atau tidak. Mungkin transkrip nilai SMA seperti SMK, bisa saja ketambahan dengan nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Namun sebelum kita lanjut ke contoh transkrip nilainya, kalian bisa baca letak tanggal Ijazah dan letak nomor Ijazah terlebih dahulu.

Contoh Transkrip Nilai


Sebelum saya berikan contoh transkrip nilai milik saya, saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu transkrip nilai. Untuk SMK, transkrip nilai adalah kumpulan nilai mata pelajaran dari SMK kelas satu atau semester 1 hingga kelas 3 atau semester 6.

Untuk di SMA dan perkuliahan juga sama saja artinya yaitu kumpulan nilai-nilai dari semester awal sampai semester akhir. Berikut contoh transkirp nilai SMK jurusan Teknik Sepeda Motor.


Tampilan Depan Transkrip Nilai


Tampilan Depan Transkrip Nilai

Tampilan Belakang Transkrip Nilai


Tampilan Belakang Transkrip Nilai

Bisa dilihat, ada 5 kategori mata pelajaran yang terdapat di transkrip nilai milik saya yaitu:

1. Program Normatif

2. Program Adaptif

3. Dasar Kompetensi Kejuruan

4. Kompetensi Kejuruan

5. Muatan Lokal

Saya rasa tiap sekolah, daerah, dan provinsi akan berbeda. Jadi transkrip nilai tidak akan sama persis satu sekolah dengan sekolah lainnya. Jadi jangan salah menentukan lembar transkrip nilai. Pastikan pada bagian atas tertulis Transkrip Nilai bukan Ijazah atau Surat Keterangan Hasil Ujian.

Nah itu dia contoh transkrip nilai SMK milik saya yang berupa foto bukan .pdf. Mungkin saja dari kalian belum tau bentuk dari dokumen atau lembar transkrip nilai itu seperti apa. Dan jika kalian belum menerima transkrip nilai dari sekolah karena belum pembagian kenang-kenangan, kalian bisa meminta kepada wali kelas terlebih dahulu.

Nantinya kalian akan diberikan berupa fotokopian transkrip nilai yang sudah dilegalisir. Jika diberi yang asli, silakan kalian fotocopy dan kembalikan yang asli tadi ke wali kelas, kemudian mintalah legalisir fotocopy transkrip nilai yang tadi itu.

Berhubung postingan ini ada kaitannya dengan SMK, kalian juga bisa baca cara mencari dan mendaftar tempat PKL atau Prakeri yang benar. Siapa tau kalian membutuhkan jika kalian masih kelas 10 atau baru kelas 11 dan belum prakeri.


EmoticonEmoticon