Cara Merawat Pompa Air Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak

Cara Merawat Pompa Air Supaya Awet dan Tidak Cepat Rusak

KEPOINDONESIA.id - Pompa Air merupakan alat elektronik yang dulu sangat dibutuhkan di setiap rumah yang memiliki sumur tetapi kedalamannya cukup dalam. Dengan adanya Pompa Air kalian tidak perlu menimba lagi karena kalian cukup menyalakan Pompa dan nantinya air akan keatas dengan sendirinya.

Secara umum Pompa Air digunakan untuk menyedot air yang tidak bisa mengalir sendiri seperti air PDAM yang bertekanan. Karena jika air sudah bertekanan kita tidak perlu menggunakan Pompa air akan langsung keluar sendiri dari Kran.

Berbeda kasus dengan air yang ada di Sumur atau air yang ada di penyimpanan air hujan. Karena tidak bertekanan dan posisinya tidak memungkinkan air mengalir dengan sendirinya maka dibutuhkan Pompa Air.

Kini penggunaan Pompa Air cenderung berkurang, karena sudah ada air PDAM di desa yang dapat mengalir tanpa Pompa Air karena air sudah bertekanan. Tetapi jika kalian memiliki Pompa Air dan jarang digunakan kalian harus merawatnya.

Kalian tidak tau air PDAM atau air yang sering kalian gunakan akan berhenti secara tiba-tiba atau tidak karena hal tertentu. Untuk meminimalisir kejadian seperti itu kalian yang sudah memiliki Pompa Air harus merawatnya.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa tips merawat Pompa Air supaya awet dan tidak cepat rusak. Namun sebelum lanjut ke pembahasan kalian bisa baca cara memperbaiki Kran yang menetes serta kelebihan budidaya ikan dengan kolam terpal.

Cara Merawat Pompa Air Agar Tetap Awet Walau Jarang Digunakan


1. Tempatkan Pompa Air di Tempat Yang Aman


Kalian bisa meletakkan Pompa Air yang kalian miliki di tempat yang aman. Tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, tidak terkena air hujan dan air, serta tempat yang kering dan dekat dengan sumber air.

Jangan sampai pompa terendam air karena dapat menimbulkan kerusakan mesin. Selain itu hindari jipratan air apapun itu baik tidak sengaja atau secara sengaja karena Pompa Air termasuk alat elektronik.

2. Gunakan Pompa Air Secara Sesuai


Pastikan sumber air yang ingin di hisap oleh pompa tersedia. Karena jika Pompa Air menyala tetapi tidak menghisap apapun dapat merusak komponen rotor. Selain itu gunakan Pompa Air secara wajar.

Jangan gunakan Pompa Air secara terus menerus untuk mengisi kolam ikan yang luas, itu bukan peruntukannya. Selain itu jangan sampai Pompa Air kepanasan atau overheat saat digunakan karena dapat merusak Pompa Air.

3. Gunakan Sesekali Jika Jarang Digunakan


Sering kali Pompa Air tidak dinyalakan untuk di panasi saat Pompa Air tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Sama seperti mesin dan barang elektronik lainnya, jika Pompa Air tidak pernah dinyalakan kemungkinan ada kerusakan komponen akan semakin besar.

Kalian bisa sesekali menyalakan Pompa Air walaupun airnya tidak dibutuhkan. Pastikan Pompa Air bekerja secara maksimal dan dapat memompa air dengan benar.

Nah itu dia beberapa tips yang bisa kalian terapkan supaya Pompa Air yang ada di rumah kalian tetap awet walau tidak pernah dinyalakan. Terlihat sederhana tetapi perlu kalian lakukan karena sejatinya Pompa Air bisa bertahan hingga 5 tahun lebih.

Itu saja yang bisa saya jelaskan tentang merawat Pompa Air semoga bermanfaat bagi kalian. Tidak tau perbedaan Pasir Malang dengan Pasir Biasa? jika kalian tidak tau perbedaannya kalian bisa baca artikel tentang Pasir Biasa dan Pasir Malang.


EmoticonEmoticon