4 Penyebab Motor Brebet Seperti Kehabisan Bensin

4 Penyebab Motor Brebet Seperti Kehabisan Bensin

KEPOINDONESIA.id - Sepeda Motor adalah alat transportasi yang sangat diandalkan oleh masyarakat. Dari pada membeli mobil yang harganya sangat mahal motor menjadi salah satu alternatif pilihan karena harganya yang lebih murah.

Selain itu sepeda motor sangat bisa diandalkan di segala medan. Mulai dari jalan aspal hingga jalan tanah atau jalan yang lebar hingga jalan yang sempit. Selama kalian mengendarai motor pasti kalian pernah merasakan motor yang kalian kendarai terasa brebet.

Brebet merupakan salah satu gangguan yang sering terjadi di sepeda motor. Ciri motor brebet seperti saat kehabisan bensin sangat jelas sekali. Motor tidak memiliki tenaga di RPM atas. Suara mesin pun cenderung seperti tertahan.

Penyebab sepeda motor brebet yaitu karena ada masalah antara udara dan bahan bakar. Bisa saja bahan bakar lebih sedikit dari pada udara atau udara lebih banyak dari pada bahan bakar. Mudahnya tidak sesuai dengan perbandingan normal yaitu 14:1.

Untuk tau apa saja penyebab yang bisa menyebabkan mesin sepeda motor brebet kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara mencari sparepart di aplikasi Yamaha Part Catalog serta apa yang dimaksud dengan Kopdar sepeda motor.

Penyebab Motor Brebet Seperti Kehabisan Bensin


1. Filter Fuel Pump Lepas


Penyebab yang satu ini sangat sering terjadi di motor injeksi. Seperti yang kalian ketahui semua motor injeksi pasti memiliki filter fuel pump yang berada di tangki bahan bakar. Jika sepeda motor kalian pernah jatuh atau ambruk kemungkinan besar filter fuel pump lepas.

Tidak ada efek yang berarti jika filter fuel pump yang ada di tangki bahan bakar lepas. Efek akan terasa jika bahan bakar mulai habis. Sepeda motor akan terasa berat dan brebet walaupun sebenarnya bahan bakat masih cukup untuk berjalan sekian KM.

2. Kran Bensin Dalam Keadaan Tertutup


Yang berikutnya karena kran bensin masih dalam keadaan tertutup. Penggunaan kran bensin banyak ditemui di sepeda motor yang menggunakan karburator khususnya sepeda motor yang umurnya sudah tua.

Penggunaan kran bensin berfungsi supaya bahan bakar tidak mengalir terus walaupun sepeda motor dalam keadaan diam. Sayangnya banyak pengguna lupa membuka kran bensin sehingga bahan bakar yang mengalir terlalu sedikit.

3. Minta Ganti Aki


Motor dengan sistem injeksi sangat bergantung dengan Aki. Jika Aki bermasalah sepeda motor tidak akan bisa hidup karena tidak bisa digunakan untuk mengoperasikan Fuel Pump. Oleh karena itu pastikan Aki sepeda motor kalian masih bagus.

Walaupun motor injeksi sangat bergantung pada Aki, tetapi Aki tetap awet jika penggunaanya benar. Pagi hari sepeda motor jangan dinyalakan dengan starter dan jangan menambahkan aksesoris elektronik tambahan.

4. Masalah Karburator


Dan yang terakhir karena ada masalah dan gangguan pada Karburator. Masalahnya sangat beragam, jika kalian tidak tau lebih baik serahkan kepada orang yang berpengalaman saja. Karena komponen di karburator cukup banyak dan fungsinya sangat beragam.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan motor brebet seperti kehabisan bahan bakar. Tidak disarankan menggunakan sepeda motor dalam kondisi brebet, karena nantinya sistem pembakaran menjadi tidak sempurna.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kamu semua. Sebelum saya akhiri bagi kalian yang belum tau perbedaan Hidrogen dan Nitrogen bisa baca artikel yang sudah saya bahas mengenai perbedaan kedua elemen tersebut.


EmoticonEmoticon