Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Sepeda Motor

Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Sepeda Motor

KEPOINDONESIA.id - Sepeda motor salah satu moda transportasi yang sangat populer sekarang ini. Bisa dibilang setiap rumah atau KK (Kartu Keluarga) minimal memiliki 1 unit sepeda motor. Jika kita flashback ke 10 tahun yang lalu, angkot masih menjadi salah satu angkutan paling sering digunakan.

Lebih tepatnya paling populer, karena dulu sekedar sepeda motor pun masih beberapa kalangan orang saja yang bisa membelinya. Namun sekarang kita dapat mudah membeli sepeda motor baik dalam kondisi bekas atau baru.

Nah jika kalian beli sepeda motor baru atau second, perlu sekali yang namanya mengecek nomor rangka dan nomor mesin. Nomor rangka dan nomor mesin ini 1 paket dalam sebuah kendaraan, jadi jika nomor rangka AAA maka nomor mesinnya AAA.

Jangan sampai kalian membeli kendaraan bermotor yang memiliki nomor rangka dan nomor mesin yang berbeda dalam STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Lalu apa itu nomor rangka dan nomor mesin? apakah sangat penting sekali?

Nomor rangka dan nomor mesin ini adalah suatu identitas suatu kendaraan. Setiap kendaraan baru maka akan didaftarkan identitasnya. Jika di sepeda motor, dimana letak nomor rangka dan nomor mesin?

Untuk di sepeda motor sendiri di beberapa merk kita dapat melihat nomor rangka dan mesin secara mudah. Namun di merk lainnya ada juga yang nomor rangkanya tersembunyi tidak seperti nomor mesin.

Jadi kali ini saya akan membahas letak nomor rangka di sepeda motor. Namun sebelum kita lanjut kalian bisa baca penyebab motor terasa berat dan ciri-ciri ban sepeda motor kekurangan tekanan angin.

Letak Nomor Mesin Sepeda Motor


Untuk nomor mesin ini rata-rata terletak di bagian kanan blok silinder atau blok mesin. Tepat di bagian blok kampas kompling dan di sebelah kanan motor starter. Rata-rata untuk motor bebek baik Yamaha atau Honda letaknya di bagian tersebut untuk nomor mesinnya.

Nomor Mesin Sepeda Motor

Jadi jika kalian membeli motor, khususnya motor bekas silakan kalian cek nomor mesinnya di bagian blok mesin sebelah kanan. Lalu silakan kalian cocokan pada STNK apakah sama atau tidak.

Letak Nomor Rangka Sepeda Motor


Sedangkan untuk nomor rangka, tidak semua produsen sama letaknya. Sebagai contoh Yamaha dan Honda. Untuk Yamaha rata-rata letak nomor rangka ada di dalam jok motor, sedangkan untuk Honda ada di bagian depan sistem kemudi.

Nomor Rangka Sepeda Motor

Jadi untuk motor Honda yang nomor rangkanya ada di bagian depan maka kalian wajib membuka cover depan terlebih dahulu dan ini sangat menyulitkan. Jika sudah terlihat, silakan kalian cocokan nomor rangka yang ada di motor dengan yang ada di STNK, sama atau tidak.

Jadi sangat penting untuk mencocokkan nomor mesin dan nomor rangka di motor dan yang ada di STNK saat membeli motor bekas. Selain itu jika kalian membeli dalam kondisi baru kalian juga wajib mencocokkan nya jika STNK baru saja jadi, sehingga tidak ada kesalahan yang dapat menyulitkan kalian di kemudian hari.

Dan juga jika kalian tidak tau cara servis di bengkel resmi dan belum tau daftar nomor plat seluruh Indonesia kalian bisa langsung membacanya. Karena sudah saya bahas tentang kedua hal tersebut, semoga bisa membantu kalian.


EmoticonEmoticon