3 Solusi Widget Aplikasi Tidak Berfungsi

3 Solusi Widget Aplikasi Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Widget adalah pendukung aplikasi yang bisa kalian tambahkan di layar depan atau home screen. Kegunaan widget sendiri cukup banyak tergantung dari aplikasi yang kalian install dan gunakan.

Tidak semua aplikasi memiliki widget karena hanya beberapa aplikasi saja yang memiliki widget bawaan. Widget di sesuaikan dengan fungsi dari aplikasi. Jika aplikasi dirasa tidak perlu menggunakan widget maka aplikasi tersebut tidak akan menyediakan widget bawaan.

Sebagai contoh widget yang ada di Android. Terkadang satu aplikasi memiliki widget lebih dari satu. Selain itu yang seharusnya aplikasi menyediakan widget tetapi aplikasi tersebut tidak memiliki widget bawaan.

Widget berjalan di latar belakang oleh karena itu terkadang widget tidak berfungsi dan error. Widget yang tidak berfungsi memang wajar di perbarui karena terkadang widget berhenti karena aplikasi terkait juga berhenti.

Untuk tau solusi mengatasi widget yang berhenti dan tidak berfungsi kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca penyebab widget tidak muncul serta cara mengakses Google Discover.

Solusi Widget Aplikasi Tidak Bekerja


1. Perbarui Data Widget


Cara pertama kalian bisa melakukan pembaruan data widget. Caranya tekan tombol perbarui di bagian widget. Tetapi sayangnya tidak semua widget memiliki fitur pembaruan karena biasanya fitur ini hanya tersedia pada widget yang mengambil data dari situs.

Sebagai contoh widget harga rupiah dan dollar. Supaya harga rupiah dan dollar yang tampil adalah harga terbaru kalian harus menekan tombol pembaruan supaya widget melakukan sinkronisasi.

2. Buka Aplikasi Terkait


Yang berikutnya kalian bisa membuka aplikasi yang terkait dengan widget tersebut. Cara ini dilakukan supaya widget dapat berfungsi kembali saat aplikasi yang bersangkutan di buka. Walaupun tidak pasti cara ini wajib kalian coba.

3. Tambahkan Widget Baru


Dan yang terakhir kalian bisa menghapus widget dan menambahkan widget yang baru. Widget yang tidak berfungsi dan error tidak dapat bekerja dengan normal jika tidak diganti dengan widget yang baru.

Masalah ini sering terjadi di beberapa widget seperti widget pesan WhatsApp. Singkatnya yang seharusnya widget memperbarui pesan yang ada tetapi tampilan pesan tetap sama bahkan kosong.

Misalnya kalian mengalami masalah dengan widget yang kalian tambahkan kalian bisa mencoba ketiga cara diatas. Perlu di ingat widget memang sering error jadi kalian tidak usah bingung dan panik.

Tidak tau cara menampilkan widget WhatsApp supaya membaca chat tanpa diketahui? jika kalian belum tau kalian bisa baca cara menampilkan widget chat WhatsApp di layar depan untuk membaca pesan tanpa membukanya.


EmoticonEmoticon