Pengertian File CSV dan Perbedaan CSV Dengan XLS

Pengertian File CSV dan Perbedaan CSV Dengan XLS

KEPOINDONESIA.id - File dengan format .CSV sering kita jumpai saat menerima atau mengunduh file data tertentu. Sebagai contoh saat kalian mengekspor data dari suatu web atau situs maka hasil ekspor file tadi yang telah di unduh akan menggunakan format file .CSV.

Format ini memang tidak terlalu populer dari beberapa format dokumen yang ada. Saya yakin banyak dari kalian yang baru tau tentang format CSV. CSV sendiri singkatan dari Comma Separated Value yaitu format data yang memudahkan pengguna.

Pengguna akan dimudahkan dalam penginputan data ke database karena tampilan CSV cukup sederhana. CSV sering digunakan untuk pertukaran data di masing-masing aplikasi tanpa menginput data dan membuat database baru.

Untuk lebih jelas mengenai apa itu CSV kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut ke pembahasan lengkapnya kalian bisa baca solusi NIK tidak ditemukan serta penjelasan tentang file msgstore di folder WhatsApp.

Jadi file Character Separated Values ​​atau Comma Delimited menggunakan karakter pemisah seperti "koma (,)" untuk memisah atau membatasi masing-masing data. Dengan cara sederhana seperti itu file CSV dapat di ekspor dari aplikasi lain dan di impor ke aplikasi lainnya.

Sebagai contoh file CSV yang berkaitan tentang kontak seperti Nama, Email, Nomor Telepon, dan Alamat. Maka data di dalam file .CSV akan seperti ini "Joni La, jonila@testmail.com, 084-111-234-000, Jaya Maju".

Secara sederhananya seperti itu. Supaya mudah dibaca dan tampilannya lebih rapi file CSV dapat di impor ke aplikasi guna di cetak atau sekedar pengecekan saja. Lalu apa bedanya file .CSV dengan .XLS?

Perbedaan yang paling mencolok yaitu file CSV dirancang secara sederhana untuk didukung secara luas. File CSV hanya berisikan data atau database dengan tanda pemisah saja. Sedangkan XLS memungkinkan menyimpan format-format Excel yang terbatas di MS Excel saja.

Jadi kalian sudah tau apa yang dimaksud dengan file .CSV dan bedanya file .CSV dengan file .XLS. Semoga dengan adanya artikel ini kalian bisa terbantu karena penjelasan yang saya bahas cukup singkat dan sederhana.

Sering menggunakan fitur Tab Penyamaran tetapi tidak tau fungsinya? Jika kalian belum tau fungsi Tab Penyamaran kalian bisa baca fungsi dari Tab Penyamaran atau Mode Penyamaran di browser.


EmoticonEmoticon