Pengertian dan Fungsi Time Frame Dalam Trading

Pengertian dan Fungsi Time Frame Dalam Trading

KEPOINDONESIA.id - Saat kalian melihat chart harga pasti kalian akan menemukan fitur yang dinamakan sebagai Time Frame. Fitur ini sangatlah berguna untuk melihat pergerakan harga secara jelas setiap kurun waktu.

Biasanya bagi trader pemula yang belum paham betul tentang trading akan mengira bahwa pergerakan harga ternyata sangat cepat. Saat itu juga para trader pemula menentukan bahwa trend yang sedang terjadi adalah uptrend.

Akan tetapi nyatanya tidak, di periode yang lebih lama ternyata yang sedang terjadi adalah downtrend. Ini sangat sering terjadi dan sangat wajar jika kalian baru memulai yang namanya trading.

Apapun yang kalian tradingkan pergerakan harga sama saja. Dan dalam chart harga apapun itu pasti ada yang namanya Time Frame. Nah yang menjadi pertanyaan apa itu yang dinamakan Time Frame?

Dan Time Frame terbaik di periode berapa? supaya kalian tau kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara menambahkan widget harga Indodax di layar depan serta cara melihat address BTC di Indodax.

Pengertian Time Frame


Singkatnya Time Frame adalah periode atau kurun waktu pergerakan harga yang ditampilkan di dalam chart. Ada banyak sekali varian Time Frame mulai dari yang tercepat M1 hingga yang terlama yaitu MN.

Berikut penjelasan masing-masing simbol Time Frame di situs dan aplikasi trading seperti Indodax dan MetaTarder.

M1: Pergerakan dalam kurun waktu 1 Menit

M5: Pergerakan dalam kurun waktu 5 Menit

M15: Pergerakan dalam kurun waktu 15 Menit

M30: Pergerakan dalam kurun waktu 30 Menit

H1: Pergerakan dalam kurun waktu 1 Jam

H4: Pergerakan dalam kurun waktu 4 Jam

D1: Pergerakan dalam kurun waktu 1 Hari

W1: Pergerakan dalam kurun waktu 1 Minggu

MN: Pergerakan dalam kurun waktu 1 Bulan

Time Frame terbaik untuk trading jangka pendek hingga jangka panjang yaitu di TF H1, H4, dan D1.

Fungsi Time Frame


Time Frame sendiri berfungsi sebagai bantuan untuk menganalisa pergerakan harga di masing-masing periode. Misalnya di M30 trend nya sedang naik, akan tetapi setelah dilihat di H1 dan D1 ternyata trend yang sebenarnya adalah turun.

Dengan bantuan Time Frame saja biasanya para trader sudah bisa menganalisa bergerakan harga tanpa indikator sama sekali. Yang perlu di ingat, harga naik dan turun sangat wajar terjadi. Oleh karena itu kuncinya jangan panik dan jangan open posisi tanpa menganalisa.

Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai Time Frame atau jika disingkat menjadi TF. Para trader harus tau apa yang disebut sebagai Time Frame, karena ini salah satu kunci supaya kita tidak salah open posisi.

Sebelum saya akhiri mungkin kalian perlu tau cara mengganti latar belakang chart di aplikasi MetaTrader. Misalnya yang awalnya warna putih ingin kalian ganti menjadi warna hitam supaya lebih nyaman untuk dilihat.


EmoticonEmoticon