5 Shortcut Keyboard Penting di Microsoft PowerPoint

5 Shortcut Keyboard Penting di Microsoft PowerPoint

KEPOINDONESIA.id - Membuat presentasi menggunakan PowerPoint sudah menjadi kewajiban semua orang. Dari pada menggunakan aplikasi yang serupa, orang-orang lebih memilih menggunakan Microsoft PowerPoint untuk urusan presentasi.

Saya sendiri tidak heran dengan hal tersebut. Karena dari beberapa program Microsoft Office, PowerPoint adalah salah satu yang paling banyak digunakan dan dibutuhkan selain Word dan Excel.

Tingkat kesulitan menggunakan PowerPoint jelas lebih sulit dan susah. Karena banyak fitur yang cukup awam bagi banyak orang. Tidak seperti fitur yang ada di Microsoft Excel dan Microsoft Word yang hampir semua fiturnya serupa.

Saat menggunakan aplikasi produktivitas kalian perlu tau beberapa pintas keyboard atau shortcut keyboard untuk memudahkan pekerjaan kalian. Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa pintas keyboard yang wajib kalian ketahui saat menggunakan PowerPoint.

Namun sebelum saya jelaskan apa saja shortcutnya kalian bisa baca beberapa artikel lainnya. Seperti kelebihan format PNG dari pada JPG serta cara memunculkan keyboard virtual di Laptop dan Komputer Windows.

Pintas Keyboard Penting di PowerPoint


1. Menjaga Gambar Tetap Presisi


Salah satu tombol yang bisa kalian gunakan yaitu tombol SHIFT. Dengan tombol SHIFT kalian tetap bisa menjaga gambar dan foto supaya tetap presisi saat dipindahkan atau saat di ubah ukurannya menjadi lebih besar atau lebih kecil.

2. Duplikat Gambar Secara Benar


Secara umum untuk menduplikat gambar dan foto kalian bisa menggunakan kombinasi keyboard CTRL + ALT. Supaya saat di geser gambar dan foto tidak berubah ukurannya kalian bisa menggunakan shortcut SHIFT + CTRL + ALT.

3. Mengatur Ukuran Font atau Tulisan


Mengubah dan mengatur ukuran font sebenarnya bisa kalian lakukan di bagian menu. Akan tetapi supaya lebih cepat kalian bisa menggunakan pintas SHIFT + CTRL pada teks yang sudah di seleksi lalu gunakan ">" untuk memperbesar dan "<" untuk memperkecil teks dan tulisan.

4. Ubah Tulisan ke Huruf Besar atau Huruf Kecil


Cara ini sangat bermanfaat saat menulis judul. Karena judul yang bagus biasanya menggunakan huruf besar semua. Caranya silakan kalian seleksi tulisan yang ingin kalian ubah lalu gunakan kombinasi SHIFT + F3, setiap menekan F3 jenis teks akan berubah.

5. Zoom In dan Zoom Out


Untuk Zoom In dan Zoom Out sebelumnya saya sudah pernah membahasnya. Supaya kalian tau langsung saja kalian baca di artikel tentang cara memperbesar dan memperkecil tampilan di Microsoft PowerPoint.

Nah itu dia kelima pintas keyboard atau shortcut yang bisa kalian gunakan saat mengoperasikan aplikasi Microsoft PowerPoint. Kalian bisa menggunakan pintas tersebut untuk mempermudah penggunaan PowerPoint.

Itu saya yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua. Dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel saya sebelumnya tentang cara copy objek yang ada di Photoshop.


EmoticonEmoticon