Nitrogen dan Hidrogen Berbeda, Jangan Sampai Salah Sebut

Nitrogen dan Hidrogen Berbeda, Jangan Sampai Salah Sebut

KEPOINDONESIA.id - Mungkin kalian sering mendengar istilah Nitrogen dan Hidrogen entah dimana itu. Dan saat ingin menyebutkan salah satunya kalian keliru. Misalnya ingin menyebut Hidrogen tetapi malah Nitrogen, sebaliknya ingin menyebutkan Nitrogen tetapi keliru jadi Hidrogen.

Setahu saya untuk Nitrogen sering kita temui di SPBU. Jika kalian mengisi bahan bakar kendaraan bermotor yang kalian miliki di SPBU pasti akan menemukan tulisan "Jual Nitrogen" atau "Tersedia Nitrogen" pada jalur keluar.

Benar sekali, Nitrogen adalah salah satu unsur yang bisa digunakan sebagai pendukung ban kendaraan supaya bisa mengembang. Jika kalian menggunakan pompa atau kompresor biasa maka udara yang dihasilkan yaitu angin biasa.

Namun jika kalian mengisi ban kendaraan kalian dengan Nitrogen maka hasilnya akan sedikit berbeda. Kenapa begitu? Untuk lebih jelasnya nanti akan saya jelaskan dibawah. Karena saya akan mengulas sedikit antara perbedaan Nitrogen dan Hidrogen terlebih dahulu.

Sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang mungkin bermanfaat bagi kalian. Seperti apa yang dimaksud dengan N/A dan T/A serta apa yang dimaksud dengan ancer-ancer atau patokan alamat rumah.

Nitrogen


Yang pertama yaitu Nitrogen. Nitrogen adalah unsur kimia yang ada dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dengan nomor atom 7. Nitrogen adalah gas yang tidak berbau, berwarna dan sangat penting untuk pertumbuhan tanaman.

Udara memiliki kadar Nitrogen 78% sedangkan untuk oksigen hanya 21% saja. Walaupun begitu nyatanya kita hanya memerlukan Oksigen untuk bisa bernapas.

Hidrogen


Sedangkan Hidrogen adalah unsur kimia yang ada di dalam tabel periodik dengan simbol H dengan nomor atau 1. Sama seperti Nitrogen, Hidrogen memiliki persentase hingga 75% dari total unsur yang ada di alam semesta.

Lalu apa kelebihan Nitrogen dari pada udara atau angin biasa? Mengisi ban dengan Nitrogen memiliki kelebihan yang mungkin tidak kalian sangka. Yang pertama beban akan lebih ringan karena Nitrogen lebih ringan dari pada angin biasa.

Selain itu Nitrogen tidak mudah hilang atau mudahnya ban tidak akan mudah kempes jika diisi dengan Nitrogen. Jumlah molekul yang banyak dalam Nitrogen membuat ban menjadi empuk saat melewati jalan yang rusak.


EmoticonEmoticon