Pengertian Pengunjung Organik, Rujukan, Berbayar dan Langsung

Pengertian Pengunjung Organik, Rujukan, Berbayar dan Langsung

KEPOINDONESIA.id - Dalam dashboard laporan seperti laporan pengunjung sebuah situs pasti ada yang namanya laporan apa saja cara yang digunakan oleh pengunjung saat mengakses situs tersebut. Umumnya ada 4 laporan yaitu Organik, Rujukan, Berbayar, dan Langsung.

Selain di dahsboard analitik seperti Google Analytics, kalian juga bisa melihat laporan seperti itu jika kalian mengelola suatu halaman di Facebook. Maka bagian insight akan tampilan penonton organik, langsung, dan berbayar.

Nah supaya kalian tau maksud dari Organik, Berbayar, Langsung, dan Rujukan saya akan menjelaskannya supaya mudah dipahami. Penting sekali bisa membaca laporan seperti itu, supaya kalian tau perkembangan akun atau situs yang kalian kelola.

Dari beberapa laporan yang ada, dimanapun itu visitor dan penonton organik adalah yang paling baik. Walaupun paling baik akan tetapi kalian tetapi boleh mencari pengunjung dengan metode rujukan, berbayar, dan lain-lainnya.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas. Seperti apa itu pengikut berbayar dan organik serta apa yang dimaksud dengan kunbal.

Organik


Organik bisa diartikan pengunjung atau penonton yang mengunjungi situs atau yang menonton video yang kalian unggah lewat pencarian. Sebagai contoh jika blog pengunjung tersebut tau blog kalian lewat mesin pencarian.

Sedangkan jika kalian seorang Youtuber dan memiliki beberapa video di channel kalian maka penonton tadi tau video kalian dari pencarian YouTube. Singkatnya pengunjung dan penonton menemukan video atau situs kalian lewat pencarian.

Rujukan


Rujukan adalah dimana alamat situs kalian atau link video kalian di bagikan ke web atau aplikasi tertentu. Misalnya kalian membagikan video di channel yang kalian miliki di Twitter dan Facebook.

Ternyata banyak yang tertarik dan menonton video yang kalian bagikan tadi. Nah pada statistik penonton video yang ada di video tadi pasti rujukan, bukan organik atau yang lainnya.

Langsung


Mudahnya langsung adalah penonton atau visitor yang mengakses lewat address bar. Misalnya kalian sudah menjadi langganan blog ini. Jadi kalian langsung menginput alamat kepoindonesia.id di address bar.

Itu dia yang dinamakan pengunjung langsung. Jika situs atau apapun yang kalian kelola sudah memiliki nama brand yang kuat, pengunjung langsung pasti akan banyak. Artinya situs atau channel yang kalian miliki sudah memiliki pengunjung atau penonton setia.

Berbayar


Sedangkan berbayar adalah pengunjung atau penonton yang mengunjungi atau menonton video kalian karena terpancing iklan. Sebagai contoh kalian mempromosikan blog kalian lewat AdWords atau kalian mempromosikan video di halaman Facebook kalian lewat FB ADS.

Jadi itu dia yang dimaksud dengan pengunjung Organik, Berbayar, Rujukan, dan Langsung. Apa yang paling baik? tertentu saja organik. Akan tetapi kalian tetap boleh mendatangkan pengunjung dan penonton dengan teknik rujukan atau berbayar.

Sebelum saya akhiri mungkin kalian perlu baca apa yang dimaksud dengan konten evergreen. Konten ervergreen adalah konten paling baik yang bisa kalian coba pada saat membuat konten untuk blog atau untuk channel YouTube.


EmoticonEmoticon