Fungsi Balon Percakapan atau Balon Kata

Fungsi Balon Percakapan atau Balon Kata

KEPOINDONESIA.id - Komik adalah salah satu buku yang banyak dibaca oleh anak muda. Dari pada membaca novel, banyak orang lebih suka membaca komik karena alasan tertentu. Mulai dari yang suka komik sampai orang yang suka hal-hal mengenai negara Jepang.

Saya sendiri tidak suka dengan komik, karena suatu cerita memang lebih baik dinikmati dalam visual video bukanlah gambar. Oleh karena itu walaupun versi animenya pendek, saya tetap suka nonton anime dari pada membaca komik.

Percakapan di komik pasti menggunakan balon kata atau balon ucapan. Balon tersebut digunakan supaya teks mudah dibaca oleh pembaca. Selain itu penggunaan balon juga memisahkan antar kalimat.

Apa sih yang dinamakan balon kata pada komik itu? pasti beberapa dari kalian ada yang belum tau. Misalnya kalian sering membuat meme seharusnya kalian sudah tau dengan balon ucapan ini.

Supaya lebih jelas dan kalian tidak bingung, kali ini saya akan menjelaskan apa itu yang dinamakan balon kata atau balon ucapan. Namun sebelumnya kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan True Mint serta bahasa gaul SNI dan ISO.

Singkatnya Balon Kata atau Balon Percakapan adalah sebuah pendukung dialog antar tokoh. Dengan adanya balon pembaca bisa tau bahwa kalimat tersebut di ucapkan oleh tokoh yang mana.

Jadi supaya narasi tidak di salah artikan oleh pembaca, penggunaan balon kata ini sangat penting. Sebagai contoh dalam satu frame ada beberapa tokoh yang berbicara. Nah penggunaan balon kata atau speech bubble akan membantu.

Sayangnya bagi pemula tetap saja membaca komik cukup menyusahkan. Karena tidak tau urutan percakapannya seperti apa. Tetapi dengan adanya balon kata pembaca sedikit terbantu dan tidak akan salah mengartikan.

Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai speech bubble atau balon kata, semoga bermanfaat bagi kalian. Tidak tau apa yang disebut dengan Ngab? jika kalian tidak tau kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon