Pengertian dan Pentingkah Mengirim Sebuah Feedback

Pengertian dan Pentingkah Mengirim Sebuah Feedback

KEPOINDONESIA.id - Tombol feedback atau umpan balik pasti sering kalian temui di aplikasi dan situs web tertentu. Tidak mungkin jika kalian tidak pernah melihat umpan balik atau feedback karena bagi pengelola aplikasi dan situs ini sangatlah penting.

Walaupun sangat bagi pengelola dan developer akan tetapi banyak pengguna yang tidak mau memanfaatkan fitur tersebut untuk membantu menyempurnakan aplikasi atau situs yang sering kalian kunjungi.

Umpan balik bisa kalian gunakan untuk hal-hal yang memang butuh perhatian pengelola dan developer. Seperti error yang ada di dalam aplikasi atau akun kalian yang tidak bisa di buka pada moment-moment tertentu.

Lalu apa feedback itu sendiri dan apa pengertiannya? Supaya kalian lebih paham kali ini saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan feedback. Selain itu saya juga akan menjelaskan apakah sebuah feedback penting atau tidak.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi tidak bisa membuka Puffin Browser karena selalu menyambungkan serta cara mengatasi tidak bisa mendaftar akun Instagram.

Apa Itu Feedback?


Feedback atau Umpan Balik adalah sebuah tanggapan dari pengguna yang berupa kesan, pesan, kritikan, hingga permasalahan yang telah dialami oleh pengguna saat menggunakan aplikasi atau saat mengakses sebuah situs.

Penggunaan umpan balik sebenarnya lebih cocok digunakan sebagai pendukung perkembangan sebuah aplikasi dan situs karena developer bisa menemukan bug dengan mudah jika pengguna mau mengirimkan feedback.

Saya yakin kalian sudah paham apa yang saya maksud. Akan tetapi kini feedback banyak digunakan dalam e-commerce dan marketplace saat pembeli sudah membeli dan menerima barang yang dibeli.

Tidak salah memang akan tetapi untuk kasus jenis ini lebih baik menggunakan review dari pada feedback. Sama-sama memberikan tanggapan akan tetapi tujuan feedback dan review saya rasa berbeda.

Apakah Feedback Penting?


Bagi kita pengguna atau pengunjung tidak penting dan tidak wajib kita berikan. Akan tetapi bagi pengelola dan developer feedback sangatlah penting. Karena dengan adanya feedback masuk berharap ada masalah yang tidak diketahui oleh developer atau pengelola.

Ada 3 macam feedback atau umpan balik yang umum diberikan yaitu Feedback Netral, Feedback Positif, dan Feedback Negatif. Semakin siap aplikasi atau situs yang dikelola feedback yang akan masuk saya jamin adalah feedback positif.

Jadi itu dia apa yang dimaksud dengan umpan balik atau feedback. Misalnya kalian ingin membantu developer kalian bisa mengirimkan feedback pengalaman kalian saat menggunakan aplikasi atau saat mengunjungi sebuah situs web.

Dan sebelum saya akhir kalian pasti pernah mendapatkan telepon tetapi tidak ada nomornya. Jika kalian pernah mengalaminya kalian bisa baca artikel tentang panggilan masuk yang tidak ada nomor teleponnya.


EmoticonEmoticon