Pengertian dan Cara Mengatasi Frame Drop

Pengertian dan Cara Mengatasi Frame Drop

KEPOINDONESIA.id - Bermain game akan lebih menyenangkan jika game atau permainan yang kalian mainkan sesuai dengan selera kalian. Sebagai contoh seperti game balapan, petualangan, atau game RPG.

Apapun kategori game nya tetap saja pengalaman bermain adalah yang paling utama. Salah satu faktor pendukung yaitu grafik yang bagus. Semakin bagus grafiknya semakin puas kita dalam memainkan game.

Sayangnya banyak game bagus tetapi grafiknya biasa-biasa saja dan banyak game dengan grafik yang bagus tetapi alur permainannya membosankan. Saat bermain game pasti kalian mengharapkan FPS yang tinggi.

Saat FPS tiba-tiba turun atau Frame Drop kenyamanan bermain akan berkurang. Ngomong-ngomong Frame Drop, kalian tau tidak apa sebenarnya yang dimaksud dengan Frame Drop itu?.

Frame Drop adalah istilah yang banyak digunakan oleh orang-orang untuk menilai sebuah perangkat lancar atau tidak dalam menjalankan sebuah permainan. Semakin sering terjadi Frame Drop game yang seharusnya menghibur malah membuat kita menjadi emosi.

Untuk tau lebih jelas mengenai Frame Drop saya akan menjelaskannya di artikel kali ini. Namun sebelumnya kalian bisa baca apa perbedaan antara Spot dan Olahraga serta apa yang disebut AIM di game FPS.

Frame Drop


Singkatnya Frame Drop adalah kondisi FPS yang turun secara drastis saat bermain game. FPS yang turun secara drastis membuat permainan menjadi terganggu dan timbul lag atau patah-patah.

Sebagai contoh di Android yang menggunakan layar 60Hz. Di layar 60Hz sebuah perangkat bisa mencapai FPS tertinggi hanya di 60 FPS saja. Akan tetapi karena throttling dan overhead FPS turun hingga 25 FPS dalam hitungan detik.

Pada saat itulah Frame Drop terjadi. FPS akan tetap di angka 25 atau akan naik kembali tergantung banyak faktor. Yang jelas Frame Drop adalah turunnya FPS yang mengganggu jalannya permainan.

Mengatasi Frame Drop


Frame Drop tidak akan kalian temui jika game yang kalian mainkan sesuai dengan perangkat yang kalian miliki. Akan tetapi ada faktor lain yang perlu kalian perhatikan seperti banyaknya aplikasi yang berjalan serta lamanya bermain game.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal saat bermain game sangat disarankan untuk menutup semua aplikasi yang ada di Recent Apps. Selain itu jangan bermain game terlalu lama secara maraton supaya perangkat tidak overheat atau kepanasan.

Itu dia yang dinamakan dengan Frame Drop serta solusi supaya saat bermain game Frame Drop tidak terjadi. Pengaturan kualitas grafik dan game play juga harus kalian perhatikan, jangan paksakan menggunakan settingan rata-kanan.

Khusus pengguna perangkat Xiaomi, kalian bisa mencoba mengaktifkan fitur Game Turbo. Dengan Game Turbo aplikasi selain game yang kalian gunakan kinerjanya akan menurun dan bermain game akan semakin lancar.


EmoticonEmoticon