Kamis, 02 Mei 2019

7 Cara Mengatasi Komputer Lemot Tanpa Install Ulang & Tambah RAM atau Ganti SSD

7 Cara Mengatasi Komputer Lemot Tanpa Install Ulang & Tambah RAM atau Ganti SSD

KEPOINDONESIA.id - Penggunaan komputer sekarang ini sudah menjadi kebutuhan wajib di kalangan beberapa orang. Karena beberapa kegiatan atau aktivitas mungkin saja hanya dapat dilakukan di komputer bukan di handphone. Namun jika kita sedang asik-asiknya menggunakannya dan tiba-tiba komputer lemot atau lag bisa saja beberapa orang menjadi bingung dan mengira bahwa komputernya rusak.

Lemot ini sebenarnya sudah tidak asing di perangkat yang memiliki sistem operasi seperti laptop yang dari segi hardware sama persis dengan komputer namun dibuat lebih praktis lebih kecil dan ringan sehingga dapat dibawa kemana-mana. Nah untuk itu kali ini saya akan memberikan tips atau hal yang bisa kalian lakukan jika komputer kalian tiba-tiba lemot.

Untuk cara mengatasi komputer lemot yang akan saya bagikan ini merupakan cara sederhana tetapi dapat membuat komputer kalian tidak lemot lagi, minimal normal seperti sebelumnya. Namun sebelumnya jika tiba-tiba ikon baterai laptop kalian hilang kalian bisa baca cara menampilkan icon baterai laptop yang tiba-tiba hilang.

Cara Mengatasi Komputer Lemot, Lag, ataupun Lambat Tanpa Install Ulang


1. Cek Task Manager


Langkah pertama yaitu cek Task Manager, kenapa harus cek task manager? Cara ini untuk kita bisa mengetahui kenapa komputer kita tiba-tiba lemot padahal sebelumnya lancar-lancar saja. Untuk bisa cek task manager ada beberapa cara, berikut cara untuk cek task manager untuk mengetahui kenapa komputer tiba-tiba lemot
  • Kombinasi keyboard CTRL + ALT + DEL
  • Kombinasi keyboard CTRL + SHIFT + ESC
  • Klik kanan pada Taskbar
  • Klik kanan pada Start Menu dan pilih Task Manager
Setelah itu jika CPU, Memory, dan Disk penuh karena sedang membuka aplikasi yang kalian tau dan kalian gunakan berarti tidak masalah, mungkin saja spek komputer kalian sudah tidak kuat lagi untuk menjalankan aplikasi terseut.

2. Hapus File Sampah


Langkah berikutnya untuk mengatasi komputer lemot ialah dengan cara menghapus file sampah. Jika kalian pengguna Android pasti kalian sudah tau rata-rata penyebab Android lemot ialah file sampah. Jadi jika komputer kalian lemot kalian bisa menghapus file-file sampah termasuk file yang ada di recycle bin. Untuk aplikasi nya saya sarankan menggunakan CCleaner karena bisa menghapus semua file sampah dan cache termasuk cache browser yang baru kita buka.

3. Jangan Gunakan Lebih Dari 2 Software AntiVirus


Ini yang sering terjadi atau penyebab paling umum di kalangan yang baru atau awam soal komputer ataupun laptop. Yaitu menginstall 2 bahkan lebih aplikasi antivirus yang mereka yakini akan membuat komputer mereka aman dari virus. Memasang lebih dari 1 antivirus jelas akan membuat komputer kalian akan lemot bahkan sangat lemot walaupun spek komputer kalian dewa.

Karena prinsip kinerja aplikasi antivirus selalu berjalan untuk menscan semua file dan kegiatan yang sedang kalian gunakan, selain itu antivirus ini sangat berat dan sangat memakan CPU atau RAM jadi jika memasang lebih dari antivirus akan membuat komputer kalian akan lemot.

4. Tutup Aplikasi Berjalan Yang Sudah Tidak Terpakai


Jika komputer kalian spek kentang kalian wajib menutup aplikasi yang sudah tidak terpakai terutama aplikasi yang berat-berat. Misalnya kalian membuka 3 browser sekaligus yaitu Opera, Firefox, dan Chrome. Jika kalian sekarang hanya fokus di Opera alangkah baiknya kalain menutup dulu kedua aplikasi browser yang sudah tidak digunakan yaitu Firefox dan Chrome. Hal ini sangat efektif untuk mengatasi komputer yang lemot.

5. Hapus File dan Folder Tang Tidak Perlu atau Kosong


Cara berikutnya silakan kalian hapus file-file yang tidak perlu serta folder-folder yang kosong. Banyak orang yang menyimpan file-file yang tidak perlu dikomputer walaupun file tersebut tidak digunakan. Selain itu kebiasanya memiliki folder yang banyak juga bisa menyebabkan komputer kalian lemot.

6. Uninstall Aplikasi Yang Tidak Berguna


Cara berikutnya untuk mengatsi komputer yang lemot ialah dengan mencopot pemasangan atau uninstall aplikasi yang sudah tidak berguna. Banyak orang yang menginstall aplikasi yang tidak berguna hanya sekedar koleksi saja namun tidak pernah digunakan. Walaupun menguninstall aplikasi tidak terlalu berpengaruh namun saya sarankan kalian tetap uninstall aplikasi yang sudah tidak berguna.

7. Uninstall dan Install Kembali Aplikasi Berat Yang Sering Digunakan


Cara berikutnya yatu dengan menguninstall aplikasi berat yang sering kalian gunakan dan nantinya di install kembali. Kenapa harus di uninstall? Karena biasanya semakin lama data aplikasi akan bertambah khususnya aplikasi berat seperti Photoshop ataupun NOX Emulator.

Nah itu dia cara mengatasi komputer lemot tanpa install ulang, tambah RAM ataupun sampai ganti dari HDD menjadi SSD. Mungkin untuk cara cek task manager dan cara uninstall software nya akan berbeda baik Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Cara diatas sangatlah sederhana dan bermanfaat dan yang pastinya nantinya komputer kalian tidak akan lambat, lag atau sebagainya.


EmoticonEmoticon