4 Cara Mengatasi Produk Tidak Muncul di Pencarian Tokopedia

4 Cara Mengatasi Produk Tidak Muncul di Pencarian Tokopedia

KEPOINDONESIA.id - Seperti halnya YouTube berjualan di marketplace akan menguntungkan atau tidak dengan melihat produk yang kalian jual. Kunci utamanya yaitu produk yang kalian jual harus muncul di pencarian dengan kata kunci atau keyword tertentu.

Sebagai contoh jika kalian berjualan di Tokopedia. Tanpa muncul di pencarian sebenarnya produk yang kalian jual bisa terjual karena ada fitur rekomendasi atau similar produk. Akan tetapi tetap saja produk serupa yang akan muncul juga banyak.

Menampilkan produk ke pencarian Tokopedia sedikit lebih mudah dari pada di marketplace lain seperti Shopee atau Bukalapak. Karena di Tokopedia memiliki algoritma khusus yang bisa membuat produk naik karena tampilan halaman yang banyak.

Ini salah satu teknik dari beberapa teknik yang bisa kalian gunakan. Supaya kalian tau semuanya kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara untuk memunculkan produk yang kita jual di urutan teratas Tokopedia.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya tentang jual beli online yang sudah pernah saya bahas. Seperti lama pengiriman paket dari luar negeri menuju Indonesia serta apa yang dimaksud dengan alamat tidak didukung.

Cara Supaya Produk Muncul di Pencarian Teratas Tokopedia


Rating Dari Toko Kamu


Yang pertama kalian harus memiliki rating toko yang bagus. Oleh karena itu jika kalian sudah memiliki toko dengan rating yang bagus kalian hanya perlu optimasi sedikit saja seperti penggunaan judul yang lebih relevan.

Bagaimana jika toko kita belum memiliki rating karena baru dibuat? kalian tidak usah cemas. Selagi barang yang kalian bermanfaat dan banyak di cari permasalahan ini bukan masalah besar.

Optimasi Judul dan Deskripsi Produk


Baik toko yang sudah memiliki rating bagus atau toko yang belum memiliki rating bisa mencoba cara ini. Semakin benar dan tepat melakukan optimasi judul dan deskripsi produk maka produk kalian akan semakin mudah tampil di pencarian Tokopedia.

Gunakan Foto Produk Yang Menarik

Selain judul dan deskripsi produk kalian juga bisa melakukan optimasi pada foto produk. Cara ini tidak akan langsung memiliki efek tetapi foto produk yang keren tentu akan lebih menarik calon pembeli daripada yang biasa saja. 

Tingkatkan Pengunjung Halaman Produk


Yang terakhir kalian bisa meningkatkan pengunjung di halaman produk yang kalian jual. Saya yakin kalian pernah melihat orang yang membagikan produk di Tokopedia lebih banyak dari pada marketplace lainnya.

Itu karena walaupun orang tidak membeli tapi hanya sebagai pengunjung atau visitor bisa membuat produk terkait naik peringkatnya di pencarian Tokopedia. Kenapa bisa begitu? karena sistem Tokopedia mengira bahwa produk tersebut sedang populer.

Pengunjung yang banyak akan meningkatkan tampilan halaman dan membuat produk sangat mudah tampil di pencarian Tokopedia. Selain tampil di pencarian Tokopedia efek lainnya yaitu sering muncul di rekomendasi produk toko lain.

Itu dia 4 cara yang bisa kalian lakukan supaya produk yang kalian jual di Tokopedia tampil di pencarian dengan mudah. Karena jika tidak muncul di pencarian calon pembeli akan kesulitan mencari produk yang kalian jual.

Untuk awal-awal apabila sudah ada banyak produk yang sama memang akan sulit naik di pencarian Tokopedia. Kecuali jika kalian menjual produk yang saingannya sedikit maka produk kalian akan langsung di pencarian paling atas sendiri.   

Saya sendiri sudah pernah membahas artikel serupa tentang kenapa video YouTube tidak muncul di pencarian YouTube. Jika kalian juga seorang youtuber kalian bisa baca artikel tersebut karena mungkin saja bisa bermanfaat.


EmoticonEmoticon