3 Penyebab Tidak Bisa Screenshot di Android

3 Penyebab Tidak Bisa Screenshot di Android

KEPOINDONESIA.id - Mengabadikan moment tertentu biasa kita lakukan dengan memotret atau merekamnya dengan kamera atau kamera yang ada di ponsel. Saya yakin kalian yang sering bepergian sering mengabadikan moment-moment unik dan sayang jika tidak diabadikan.

Mengabadikan moment menggunakan kamera hanya bisa kita lakukan jika objek tersebut ada di dunia nyata dimana kita tinggal. Seperti mengabadikan bintang jatuh, awan yang berbentuk hewan, dan lain-lainnya.

Screenshot atau tangkap layar adalah salah satu cara untuk mengabadikan moment yang ada di perangkat kita baik di perangkat mobile atau perangkat desktop. Karena selain di dunia nyata di dalam sebuah sistem juga ada moment yang bisa kita abadikan.

Tetapi kalian pernah tidak mengalami tidak bisa melakukan screenshot pada saat ingin mengabadikan moment tertentu di perangkat Android kalian. Seperti moment unik dan langka saat bermain game online.

Masalah tidak bisa melakukan tangkap layar atau screenshot memang jarang terjadi tidak seperti hasil screenshot yang tidak tersimpan atau hilang sendiri. Walaupun begitu ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan kalian tidak bisa melakukan screenshot.

Untuk tau apa saya yang bisa menyebabkan tidak bisa screenshot dan bagaimana cara mengatasinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara menghilangkan notifikasi masuk ke jaringan serta apa yang disebut sebagai SOT.

Penyebab dan Solusi Mengatasi Tidak Bisa Tangkap Layar di Android


1. Salah Melakukan Screenshot


Penyebab pertama yaitu kemungkinan besar kalian salah melakukan screenshot. Maksudnya salah apa? misalnya kalian menggunakan kombinasi tombol yang salah. Seharusnya menggunakan tombol Volume Down + Power tetapi kalian menekan Volume Up + Down.

Salah melakukan tangkap layar hanya terjadi jika kalian ingin melakukan tangkap layar menggunakan tombol. Jika perangkat Android kalian sudah memiliki tombol tangkap layar di notifikasi bar masalah ini tidak akan kalian temui.

2. Aplikasi Tidak Mengizinkan Tangkap Layar


Saya yakin kalian pernah mengalami tidak bisa screenshot di beberapa aplikasi karena tangkap layar tidak diizinkan. Jika sudah seperti itu tidak ada yang bisa kalian lakukan karena aplikasi tidak mengizinkan kita melakukan screenshot.

Contoh aplikasi yang saya ketahui tidak bisa melakukan tangkap layar di dalamnya yaitu di aplikasi Kredivo. Jika kalian tidak percaya silakan coba saja melakukan screenshot di dalam aplikasi Kredivo pasti tidak bisa.

3. Penyimpanan Penuh


Dan penyebab terakhir yaitu karena ruang penyimpanan penuh. Jika ruang penyimpanan penuh atau hanya tersisa sedikit sekali tidak hanya screenshot, kalian juga tidak bisa melakukan pengambilan gambar dan video serta SMS masuk juga tidak akan tampil.

Oleh karena itu pastikan ruang penyimpanan di HP yang kalian miliki supaya tidak penuh atau jangan sampai ada peringatan bahwa ruang penyimpanan tidak mencukupi. Tidak perlu ruang tersedia yang banyak asalkan jangan sampai penuh.

Itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan gagalnya pengambilan screenshot di Android. Walaupun sebenarnya ini jarang terjadi akan tetapi jika kalian mengalami masalah serupa kalian tidak susah panik.

Cukup ikuti penjelasan yang sudah saya jelaskan tadi. Sering belanja online di Shopee? jika iya mungkin kalian perlu tau cara melihat kode pembayaran Shopee yang hilang. Bukan hilang lebih tepatnya karena tidak tersimpan.


EmoticonEmoticon