Perbedaan Antara Pendapatan dan Penghasilan? Ini Dia Penjelasannya

Perbedaan Antara Pendapatan dan Penghasilan? Ini Dia Penjelasannya

KEPOINDONESIA.id - Kita sekolah hingga mendapat gelar sarjana sebenarnya untuk apa? yang jelas untuk mendapatkan uang. Karena tanpa uang kita tidak akan bisa hidup karena tidak bisa makan dan tidak bisa minum.

Walaupun kita bisa meminta ke orang tua atau saudara kita, akan tetapi tetap saja mereka butuh uang untuk membeli semua itu. Misalnya kalian bekerja di sebuah kantor dan kalian mendapatkan uang.

Uang tersebut termasuk pendapatan atau penghasilan? Pendapatan dan penghasilan salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan orang lain kepada kita saat mereka tau apa pekerjaan kita.

Yang menjadi pertanyaan ialah, antara Pendapatan dan Penghasilan sebenarnya sama atau berbeda? Karena setelah kita mendapatkan uang dari bekerja bisa dikatakan sebagai pendapatan atau penghasilan.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan antara Penghasilan dan Pendapatan. Namun sebelum saya bahas perbedaannya saya akan membahas terlebih dahulu pengertian keduanya.

Saya sendiri pernah membahas artikel yang serupa yaitu perbedaan Omzet dan Pendapatan, jika kalian belum baca artikel tersebut silakan kalian baca terlebih dahulu. Selain perbedaan Omzet dan Pendapatan kalian juga harus tau apa itu harga NET dalam jual beli.

Penghasilan (Income)


Seperti namanya, Penghasilan adalah laba atau keuntungan bersih yang kita dapatkan dari sesuatu seperti melakukan usaha. Penghasilan sudah dikurangi oleh biaya-biaya lain saat melakukan suatu bisnis atau usaha.

Jadi jika kalian ingin bertanya keuntungan bersih yang didapatkan saat berjualan atau menjalankan usaha kalian jangan bertanya Pendapatan. Karena untuk tau keuntungan sebenarnya kalian harus bertanya Penghasilan atau income yang didapatkan.

Pendapatan (Revenue)


Kebalikan Penghasilan, Pendapatan adalah pendapatan kotor yang didapatkan dalam menjalankan bisnis, usaha, atau berdagang. Misalnya kalian sudah tau apa yang disebut Omzet, kalian akan sadar bahwa Pendapatan dan Omzet hampir sama.

Kita tidak tau pasti keuntungan yang didapatkan dalam menjalankan usaha tersebut. Bisa saja Pendapatannya besar akan tetapi Penghasilannya kecil, karena biaya lain yang dikeluarkan cukup banyak sedangkan Pendapatan yang di dapat tidak seberapa.

Mudahnya perbedaan antara keduanya ialah jika Penghasilan (Income) merupakan keuntungan bersih sedangkan Pendapatan (Revenue) merupakan pendapatan kotor yang didapatkan dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis.

Jadi itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian. Tidak tau maksud dari pecah telor? jika kalian tidak tau artinya kalian wajib baca apa itu yang dinamakan pecah telor saat memulai usaha atau berdagang.


EmoticonEmoticon