Jumat, 14 Juni 2019

Pengertian & Perbedaan Omzet dan Pendapatan, Jangan Sampai Salah

Pengertian & Perbedaan Omzet dan Pendapatan, Jangan Sampai Salah

KEPOINDONESIA.id - Dalam dunia usaha dan jual beli, banyak istilah yang harus kita ketahui. Selain itu kita harus pintar-pintar mencari celah supaya usaha yang kita tekuni menjadi berkembang. Salah satu istilah yang sudah sering saya dengar yaitu kata Omzet dan Pendapatan, dan saya berfikir 2 hal tersebut sama atau berbeda.

Selain itu ada istilah lain yaitu Laba (Profit) dan Arus Kas (Cash Flow). Istilah tersebut hampir sama dengan Omzet dan Pendapatan, untuk itu akan saya jelaskan sedikit tentang profit dan arus kas. Arus kas/cash flow adalah ukuran uang masuk ke dalam bisnis kalian, biasanya dalam bentuk pendapatan, dan uang yang keluar, seperti untuk biaya.

Sedangkan Profit adalah keuntungan, atau bisa dibilang laba bersih. Laba bersih sendiri adalah jumlah uang yang didapat setelah kalian memperhitungkan semua biaya. Untuk profit ini mungkin sama dengan pendapatan yang akan saya bahas di postingan ini.

Untuk perbedaan Profit dan Cash Flow akan saya bahas di postingan lainnya jika sempat, karena untuk kali ini yang akan saya bahas perbedaan Pendapatan dan Omzet, arti serta pengertian omzet dan pendapatan.

Namun sebelum itu, kalian bisa baca arti TT dan BT, ini juga lumayan penting jika kalian ingin masuk dalam dunia jual beli barang bekas. Selain itu kalian juga bisa baca arti Starter Pack yang cocok untuk kalian.

Omzet


Omzet adalah hasil penjualan secara keseluruhan. Atau omzet bisa diartikan seluruh uang yang didapatkan dari penjualan produk dalam jangka waktu tertentu yang tidak termasuk HPP (Harga Pokok Produksi, bahan baku ,peralatan dll) dan Expense (Gaji, Peralatan, Tagihan Listrik, Biaya pengiklanan, Biaya pemasaran, Biaya distribusi, Biaya tempat, Biaya transportasi, Biaya komunikasi dll).

Intinya omzet merupakan jumlah pemasukan dari produk atau dagangan yang di jual dalam periode 1 minggu, 1 bulan, ataupun 1 tahun secara keseluruhan dan belum dikurangi HPP dan Expense, atau semacamnya.

Pendapatan


Sedangkan Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima oleh perusahaan dari aktivitasnya, seperti menjual produk dan jasa kepada konsumennya. Pendapatan sendiri memiliki penafsiran yang berbeda beda. Namun pendapatan memiliki 2 jenis, yaitu Pendapatan Kotor dan Pendapatan Bersih.

Untuk pendapatan kotor ini sama saja dengan Omzet, yaitu seluruh pendapatan yang belum dikurangi HPP dan Expense. Sedangkan pendapatan bersih adalah pendapatan yang sudah dikurangi HPP, Expense, dan sebagainya. Istilah lain pendapatan bersih yaitu keuntungan yang didapatkan.

Jadi apa perbedaan antara Pendapatan dan Omzet? Perbedaanya adalah Omzet bukanlah keuntungan dari perusahaan atau pejualan namun pendapatan yang didapatkan dalam periode tertentu. Jika omzet besar keuntungannya belum tentu besar, namun jika keuntungannya besar saya rasa omzetnya juga besar juga.


EmoticonEmoticon