Penyebab Suara Hasil Rekaman Video Tidak Jelas

Penyebab Suara Hasil Rekaman Video Tidak Jelas

KEPOINDONESIA.id - Merekam video yang bagus ialah jika kita mendapatkan hasil rekaman yang stabil serta suara audio yang jelas dan keras. Untuk mendapatkan hasil rekaman yang stabil kalian harus menggunakan perangkat yang mendukung OIS.

OIS atau Optical Image Stabilization adalah penyetabil gambar video yang bisa membuat rekaman video yang kita rekam menjadi stabil hingga sangat stabil. Kebanyakan OIS bekerja secara semestinya, oleh karena itu asalkan ada OIS kalian bisa merekam video dengan bagus.

Yang menjadi masalah utama pada perekam video sebenarnya bukan stabilnya gambar yang diambil, melainkan suara audio yang di tangkap kurang bagus. Sangat susah mengambil gambar video dengan audio yang bagus.

Walaupun sudah menggunakan eksternal microphone akan tetapi terkadang audio yang di tangkap sama saja, terkadang lebih buruk dari pada microphone internal. Hal tersebut bisa terjadi karena kalian tidak tau penyebabnya.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan tentang beberapa penyebab yang bisa menyebabkan suara audio di video tidak jelas atau suara perekam suara tidak jelas. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya.

Seperti cara meningkatkan perekaman suara ke kualitas tertinggi serta cara meningkatkan suara video menggunakan aplikasi Kinemaster. Berikut beberapa penyebab yang bisa menyebabkan hasil perekaman video menggunakan HP suaranya tidak jelas.

Penyebab Hasil Rekaman Suaranya Tidak Jelas


1. Microphone Tertutup


Penyebab pertama karena lubang microphone tertutup saat kalian melakukan perekaman. Ini sangat sering terjadi karena lubang microphone posisinya beda ponsel beda posisi serta ukurannya yang sangatlah kecil.

Oleh karena itu jika kalian melakukan perekaman video atau perekaman audio pastikan lubang microphone di perangkat atau HP yang kalian gunakan tidak tertutup. Walaupun hanya microphone bawaan, jika suara yang di tangkap tepat hasilnya tidak mengecewakan.

2. Mic Eksternal Tidak Terhubung


Berbeda dengan penyebab yang pertama, penyebab kedua berhubungan dengan penggunaan microphone eksternal. Mic eksternal akan berfungsi dengan baik jika kalian menggunakannya secara benar.

Misalnya kalian wajib menggunakan microphone eksternal yang menggunakan konektor TRRS. Karena untuk merekam audio di HP hanya bisa dilakukan dengan konektor TRRS bukan TRS.

3. Sumber Suara Terlalu Jauh


Dan penyebab yang terakhir karena sumber suara terlalu jauh. Walaupun sudah menggunakan microphone eksternal akan tetapi mic eksternal tetap memiliki jangkaun khusus.

Misalnya sumber suara di luar jangkauan maka mic eksternal tetap saja tidak bisa menangkap suara yang ada. Kecuali kalian menggunakan microphone eksternal type wireless yang bisa digunakan dalam jangkauan yang cukup luas.

Jadi itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan suara di perekaman audio dan video tidak jelas atau tidak terekam. Saran saya lakukan uji coba terlebih dahulu sebelum melakukan perekaman.

Cukup sekian penjelasan saya kali ini semoga bermanfaat bagi kalian. Tidak tau cara menghilangkan konten berhak cipta di YouTube? jika tidak tau kalian bisa baca tips mengatasi konten berhak cipta.


EmoticonEmoticon