Pengertian Efek Delay dan Reverb

Pengertian Efek Delay dan Reverb

KEPOINDONESIA.id - Penggunaan efek salah satu cara untuk merubah suara supaya menjadi lebih menarik lagi. Contoh mudah penggunaan efek yaitu pada lagu Hip Hop. Lagu Hip Hop selain iramanya yang bagus penggunaan efek sangatlah berperan.

Intinya banyak sekali kegunaan efek yang bisa kalian manfaatkan. Misalnya dalam rekaman suara atau audio video, penggunaan efek perlu dilakukan. Jika tanpa di edit mungkin suara sudah terdengar jelas dan keras, akan tetapi tetap saja kurang nyaman di dengar.

Nah efek yang banyak di anggap sama dan serupa tetapi ternyata berbeda ialah efek Delay dan Reverb. Delay dan Reverb mungkin hanya digunakan dalam situasi tertentu saja, akan tetapi kalian harus tau perbedaan antara kedua.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan tentang efek Reverb dan Delay. Selain saya jelaskan pengertiannya saya juga akan menjelaskan perbedaan antara kedua efek tadi. Sekilas sama akan tetapi berbeda.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara membuat efek pelangi pada foto di HP Android serta cara mengatasi maksimum lapisan di aplikasi Kinemaster.

Reverb


Apa itu Reverb? Reverb adalah efek yang digunakan untuk menambah gema pada sumber suara supaya memiliki kesan seperti di gedung dengan aula yang luas. Apa kelebihan efek ini? jika kalian sering menonton konser pasti kalian sudah tau.

Reverb memberikan sensasi yang berbeda dengan suara gaung yang cukup kuat dan biasanya bisa menambah sensasi mendengarkan musik. Contoh mudahnya jika kalian mendengarkan musik di hajatan pasti lebih semangat dari pada mendengarkan musik lewat speaker HP.

Delay


Sedangkan Delay adalah efek yang digunakan untuk membuat suara berulang seperti suara vokal. Hampir sama dengan Reverb, akan tetapi nyatanya Reverb lebih baik dari pada Delay.

Karena Delay dapat mengganggu suara asli tidak seperti Reverb. Istilah Delay atau suara yang mengulang sama seperti suara yang memantul. Jadi kalian bisa nilai sendiri suara yang memantul bagus atau tidak.

Singkatnya perbedaan antara Delay dan Reverb pada lamanya gema. Jika gema Delay cenderung lebih lama dan terasa memantul sedangkan gema Reverb sangat singkat dan bisa membuat efek bass yang lebih kuat.

Itu dia yang bisa saya jelaskan tentang Delay dan Reverb, semoga kalian terbantu. Sebelum saya airi kalian bisa baca cara menghentikan email dari Quora. Email dari Quora memang cukup bermanfaat, tetapi bagi sebagian orang ini menganggu.


EmoticonEmoticon