4 Penyebab dan Cara Memperbaiki Suara Speaker HP Yang Putus Putus

4 Penyebab dan Cara Memperbaiki Suara Speaker HP Yang Putus Putus

KEPOINDONESIA.id - Sering kali saat bosan kita mendengarkan musik dan lagu dari HP yang kita miliki. Selain itu menonton video saat bosan adalah salah satu kegiatan yang cukup diminati sebagian orang, tetapi memutar musik masih tetap menjadi pilihan yang bisa kalian coba.

Pada saat mendengarkan musik dari HP pernah tidak kalian merasakan suara yang muncul putus-putus? Suara speaker HP putus-putus jarang terjadi tetapi di beberapa pengguna ada yang mengalami masalah ini.

Padahal HP tidak habis jatuh, terkena air, ataupun jatuh ke dalam air tetapi suara yang dihasilkan kremesek atau putus-putus. Untuk mengatasi masalah itu semua saya sudah mengumpulkan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan suara HP menjadi putus-putus.

Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan speaker di HP tidak normal. Ini mungkin tidak berlaku di beberapa merek dan type HP, tetapi di beberapa kasus masalah speaker HP yang putus-putus bisa diperbaiki dengan cara dibawah.

Langsung saja jika kalian penasaran kalian bisa langsung membaca beberapa penyebab dan solusi mengatasi speaker HP yang putus-putus. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang bisa bermanfaat bagi kalian.

Seperti cara menghilangkan suara di video menggunakan aplikasi Kinemaster serta cara meningkatkan suara video dengan aplikasi Kinemaster. Bagi kalian yang hobi mengunggah video ke YouTube dan Facebook kalian wajib membaca kedua artikel tadi.

Penyebab Suara Speaker HP Putus-Putus


1. Perangkat Lag atau Lambat


Penyebab paling ringan yang bisa menyebabkan suara speaker di HP putus-putus yaitu karena HP Android yang kalian miliki sedang lag atau lemot. Lag bisa terjadi jika RAM dan SoC pada HP kalian pas-pasan tetapi kalian membuka dan menginstall banyak aplikasi berat.

Karena membuka aplikasi saja lemot atau patah-patah, maka jika memutar musik maka akan ikut patah-patah disebabkan proses pemutaran musik terganggu. Oleh sebab itu kalian harus memastikan bahwa HP kalian sedang tidak lag atau lambat.

2. Adanya Bug


Berikutnya yaitu karena bug. Bug disini bisa dikarenakan update sistem dan faktor penggunaan Custom ROM yang tidak sesuai. Jika disebabkan oleh update sistem kalian hanya perlu menunggu update sistem berikutnya atau lakukan downgrade.

Sedangkan jika disebabkan oleh Custom ROM kalian bisa merubah ROM ke Stock ROM atau menggunakan Custom ROM yang memiliki bug sedikit.

3. Komponen Speaker Rusak


Mungkin saja komponen speaker pada HP kalian sudah rusak dan minta diganti. Untuk penyebab yang satu ini cara satu-satunya yaitu mengganti komponen tersebut supaya suara yang dihasilkan tidak kresek-kresek atau putus-putus.

4. Ganti Baterai

Apa hubungannya baterai dengan suara speaker yang putus-putus? memang terlihat tidak ada hubungannya. Tetapi jika kalian pikir speaker membutuhkan daya dari baterai, kemungkinan jika baterai bermasalah speaker tidak bekerja dengan normal walaupun sudah diganti dengan komponen baru.

Kasus ini terjadi di Asus Zenfone Max M2 dan Asus Zenfone Max M2 Pro. Baterai yang bocor dan sudah tidak layak pakai menyebabkan masalah di speaker pada kedua HP tadi.

Nah itu dia beberapa penyebab dan solusi untuk mengatasi speaker HP yang putus-putus saat digunakan untuk memutar lagu atau musik. Mungkin penyebab di kebanyakan HP karena komponen speaker minta diganti, tetapi di beberapa HP lainnya ini faktor baterai bocor.

Selain itu jika HP kalian tiba-tiba tidak berbunyi saat menerima panggilan telepon kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan beberapa penyebab dan cara mengatasi HP tidak berbunyi saat ada panggilan masuk.


EmoticonEmoticon