Fungsi Tombol Caps Lock, Esc, dan Tab di Keyboard

Fungsi Tombol Caps Lock, Esc, dan Tab di Keyboard

KEPOINDONESIA.id - Caps Lock adalah salah satu tombol yang paling sering kita gunakan selain tombol Enter, Spasi, Shift, serta tombol huruf dan angka. Untuk penulisan bahasa yang benar peran tombol Caps Lock sangatlah penting.

Karena setiap kata yang menyebutkan nama kota atau nama orang wajib menggunakan huruf besar. Selain Caps Lock peran tanda baca seperti koma "," dan titik "." juga penting. Karena tidak sedikit orang yang tidak pernah menggunakan tanda baca koma sama sekali.

Ada juga yang menggunakan koma dan tidak pernah menggunakan tanda baca titik. Selain Caps Lock mungkin kalian juga sering menggunakan tombol Esc dan Tab tetapi tidak tau fungsi dari kedua tombol tadi.

Secara sekilas fungsi tombol Tab di keyboard membuat spasi yang panjang sedangkan Esc banyak digunakan untuk minimize aplikasi secara cepat. Supaya kalian yakin akan fungsi ketiga tombol tadi kali ini saya akan menjelaskannya untuk kalian.

Jadi kali ini saya akan menjelaskan pengertian dan fungsi tombol Tab, Esc, dan Caps Lock yang ada di keyboard Laptop dan Komputer. Jangan sampai kalian sering menggunakan ketiga tombol tadi tetapi tidak tau fungsi utamanya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti bagaimana cara menandai lokasi di Google Maps serta tips menyalin tulisan di Facebook yang tidak bisa disalin.

Caps Lock


Apa itu Caps Lock? saya yakin kalian sudah tau jawabannya. Caps Lock adalah tombol yang berfungsi membuat huruf menjadi huruf KAPITAL atau huruf BESAR. Jika Caps Lock aktif maka akan ada indikator menyala di bagian keyboard.

Caps Lock di keyboard Laptop dan Komputer sekali ditekan akan menyala terus dan wajib kalian tekan lagi untuk mematikannya. Tidak seperti Caps Lock yang ada di virtual keyboard yang ada di perangkat layar sentuh seperti smartphone.

Esc


Fungsi tombol Esc atau Escape yaitu untuk membatalkan sebuah perintah di dalam program. Sebagai contoh kalian tidak sengaja menekan klik kanan di suatu program dan muncul tab menu.

Nah untuk menghilangkan tab menu yang baru muncul tadi kalian bisa menggunakan tombol Esc. Menurut saya fungsi dari Esc hampir sama seperti Undo.

Tab


Bagi kalian yang sering menggunakan Microsoft Word dan sering membuat daftar isi pasti sudah tidak asing lagi dengan tombol Tab. Tab memiliki fungsi untuk memindah kursor dalam satu jeda ke arah kanan.

Misalnya kalian perlu arah yang lebih banyak ke bagian kanan kamu bisa menggunakan tombol Tab tanpa perlu menekan tombol spasi berulang kali. Karena dengan menekan tombol Tab kalian bisa menggeser kursor satu tabulasi ke arah kanan.

Jadi itu dia fungsi dari Caps Lock, Esc, dan Tab. Sebenarnya masih ada banyak tombol di keyboard yang perlu saya bahas seperti Home, End, Page Up, dan Page Down. Akan tetapi saya pikirkan terlebih dahulu apakah perlu saya bahas atau tidak.

Sebelum saya akhiri kalian perlu tau cara menghilangkan getar di keyboard Android. Mungkin bagi sebagian orang getar adalah feedback yang menarik. Akan tetapi banyak orang yang tidak suka dengan adanya getar saat mengetik.


EmoticonEmoticon