Perbedaan Router dan Repeater, Jangan Sampai Salah Beli

Perbedaan Router dan Repeater, Jangan Sampai Salah Beli

KEPOINDONESIA.id - Router salah satu komponen penting jika kalian ingin menikmati layanan wifi. Karena semua layanan wifi yang ada membutuhkan sebuah Router. Sebenarnya tanpa Router bisa, karena dengan smartphone kita bisa membuat pancaran wifi berkat Hotspot dan Tethering.

Saya yakin jika kalian memasang jaringan wifi di rumah maka kalian tidak asing lagi dengan istilah Router. Karena salah satu hal yang sering dilakukan oleh orang yang memasang jaringan wifi yaitu melakukan restart Router.

Selain Router ada juga yang namanya Repeater. Sekilas keduanya sama dan mirip-mirip, akan tetapi fungsi dan fitur yang ada sangat berbeda. Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan perbedaan antara Router dan Repeater secara singkat.

Supaya jika kalian membutuhkan Router tidak salah beli Repeater karena Repeater tidak bisa menggantikan fungsi Router. Atau jika kalian ingin membeli Repeater kalian tidak akan salah membeli Router. Router bisa menggantikan fungsi Repeater, akan tetapi harganya lebih mahal.

Untuk itu langsung saja kalian simak penjelasan saya dibawah ini mengenai Repeater dan Router. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca penyebab wifi Hotspot tidak terdeteksi serta solusi menunggu wifi saat update sistem Android.

Pengertian Repeater


Repeater adalah perangkat keras atau hardware pada jaringan Komputer yang berfungsi menangkap dan menguatkan sinyal. Repeater menerima sinyal lalu akan di kuatkan dan disebarkan lagi supaya jangkauan wifi menjadi lebih luas.

Repeater tidak bisa berdiri sendiri, karena Repeater tidak bisa memancarkan sinyal. Oleh karena itu biasanya orang yang membeli Repeater sudah memiliki jaringan wifi sendiri atau jaringan wifi dari tetangga.

Pengertian Router


Berbeda dengan Repeater, Router selain bisa menyebarkan juga bisa memancarkan sinyal atau jaringan nirkabel. Sedangkan pengertiannya adalah sebuah perangkat keras yang ada di jaringan Komputer yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan.

Nah yang banyak di cari sekarang ialah Modem Router, karena Router type ini tidak memerlukan Modem lagi hanya perlu menambahkan SIM Card ke dalam Router karena sudah ada slot SIM yang tersedia.

Jadi apa perbedaan yang paling mencolok antara Router dan Repeater? perbedaan yang paling jelas yaitu Repeater hanya bisa menyebarkan dan tidak bisa memancarkan sedangkan Router selain bisa menyebarkan juga bisa memancarkan.

Supaya bisa memancarkan Router memerlukan sebuah modem. Akan tetapi kini banyak Modem Router yang dijual supaya paket internet dari operator seluler bisa di jadikan sebuah koneksi wifi tanpa harus berlangganan wifi.

Nah itu penjelasan dari saya mengenai Router dan Repeater, semoga kalian terbantu. Sulit login akun Google karena masalah server? jika kalian sering mengalaminya kalian bisa baca solusi mengatasi tidak bisa login ke akun Google karena masalah server.


EmoticonEmoticon