3 Cara Mengatasi Tethering Hotspot Tidak Terdeteksi atau Tidak Terbaca

3 Cara Mengatasi Tethering Hotspot Tidak Terdeteksi atau Tidak Terbaca

KEPOINDONESIA.id - Fitur tethering hotspot bisa kalian gunakan lewat HP Android yang kalian miliki. Semua HP Android bisa digunakan sebagai hotspot supaya perangkat lain bisa mengakses internet.

Saya yakin kalian sering dimintai hotspot oleh teman tetapi terkadang tethering hotspot dari HP kalian tidak muncul. Masalah seperti ini memang sering terjadi yaitu tethering tidak terdeteksi atau hotspot tidak terdeteksi.

Padahal kita sudah mengaktifkan hotspot pada HP kita, tetapi nama jaringan hotspot milik kita tidak terdeteksi di perangkat lain. Selain tidak terdeteksi terkadang hotspot juga sering mati sendiri.

Tetapi yang akan saya bahas bukanlah solusi jika hotspot sering mati sendiri saat sedang digunakan, melainkan yang akan saya bahas kali ini yaitu penyebab jaringan hotspot tidak terdeteksi di HP lain.

Tidak hanya di HP, tethering tidak terdeteksi juga bisa terjadi pada Laptop dan Komputer. Oleh sebab itu bagi kalian yang sering memberikan hotspot atau sering menikmati hotspot dari orang lain kalian wajib baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel lainnya yang berkaitan dengan jaringan wifi. Seperti cara meningkatkan kecepatan wifi supaya tidak lemot serta solusi menunggu wifi saat update software Android.

Penyebab Jaringan Hotspot Tidak Terdeteksi


1. Hotspot Wi-Fi Portable Belum Aktif


Yang pertama yaitu karena hotspot belum menyala. Terkadang karena terburu-buru orang yang berniat mengaktifkan tethering salah pencet menyalakan wifi, nah jadinya perangkat tersebut tidak menyebarkan internet tapi menangkap jaringan internet.

Kalian harus cek lagi apakah hotspot sudah benar-benar aktif atau belum. Jika sudah aktif nantinya akan ada pemberitahuan di notifikasi bar tentang tethering atau hotspot yang sudah aktif.

2. Lokasi Terlalu Jauh


Berikutnya yaitu lokasi antara sumber hotspot dengan perangkat yang ingin terhubung terlalu jauh. Setahu saya jarak maksimal jangkauan hotspot dari HP yaitu 10 meter. Jika lebih dari 10 meter tidak akan terdeteksi atau akan terputus jika sebelumnya sudah terhubung.

3. Wifi Perangkat Penerima Sedang Error


Sebenarnya untuk hotspot jarang mengalami masalah atau error, jadi jika koneksi hotspot tidak terdeteksi kemungkinan besar yang bermasalah ialah perangkat lain yang ingin terhubung dengan hotspot yang kalian miliki.

Jadi pastikan fitur wifi milik teman kalian bisa mendeteksi jaringan wifi lainnya. Jika wifi lainnya tidak terdeteksi, kemungkinan besar hotspot miliki kalian juga tidak akan terdeteksi.

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi jika tethering hotspot tidak terbaca atau terdeteksi. Banyak penyebab yang bisa menyebabkan permasalahan tersebut, oleh karena itu kalian harus tau penyebab yang mana yang menyebabkan hotspot dari HP kalian tidak terbaca.

Selain itu jika Bluetooth di HP Android kalian sering aktif sendiri, kalian bisa baca cara memperbaiki Bluetooth yang sering menyala sendiri. Saya yakin beberapa perangkat Android keluaran terbaru Bluetooth dan wifi nya sering aktif sendiri.


EmoticonEmoticon