Sama atau Berbeda IDR dan Rp? Berikut Penjelasannya

Sama atau Berbeda IDR dan Rp? Berikut Penjelasannya

KEPOINDONESIA.id - Rupiah atau Rp. adalah satuan mata uang Indonesia yang mungkin sudah kalian ketahui sejak kecil. Saya awalnya juga hanya tau Rupiah saja, tetapi ternyata ada satuan mata uang lainnya selain Rp. yaitu IDR.

Saya contohkan seperti pekerjaan saya saat ini yaitu seorang Blogger. Blogger mendapatkan uang dari Google Adsense. Nah di dasbor Google Adsense mata uang Indonesia yang digunakan ialah IDR bukanlah Rp.

Tetapi di beberapa aplikasi lokal penggunaan mata uang Indonesia tetap ada yang menggunakan Rp. bukanlah IDR. Sedangkan aplikasi non-lokal yang memiliki dukungan dan bahasa untuk Indonesia menggunakan IDR.

Apa IDR dan Rupiah berbeda? Keduanya sama saja hanya penyebutannya yang sedikit berbeda. Lebih lanjut mengenai IDR dan Rupiah kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum itu kalian bisa baca apa itu refund serta lama proses verifikasi akun ShopeePay.

Apa itu IDR? IDR adalah singkatan dari Indonesian Rupiah. Indonesian Rupiah merupakan kode resmi mata uang Indonesia menurut ISO 4217. Walaupun secara internasional disebut IDR akan tetapi Rupiah telah melekat terlebih dahulu bagi rakyat Indonesia.

Perbedaannya hanya pada tambahan kata "Indonesian" saja, yang menunjukan bahwa mata uang tersebut adalah mata uang Indonesia. Seperti dollar di beberapa negara, sebagai contoh dollar di Singapura memiliki kode SGD atau Singapore Dollar.

Nilai IDR dan Rupiah sama saja. Contohnya IDR 100.000 sama seperti Rp. 100.000, IDR 1.000.000 sama seperti Rp. 1.000.000 dan seterusnya. Selain itu penggunaan IDR biasanya dapat diperpendek dengan penggunaan K.

K memiliki arti kilo atau ribu. Jika tertulis IDR 100K maka memiliki nilai sama seperti IDR 100.000 atau Rp. 100.000. Sebagai wawasan saja, mata uang standar memiliki 3 huruf seperti SGD, USD, GBP, dan IDR.

Yang paling sering ditemui yaitu salah penyebutan mata uang dollar. Seperti yang kita tau banyak negara yang menggunakan mata uang dollar. Tetapi memiliki kode yang berbeda serta memiliki rate yang berbeda juga.


EmoticonEmoticon