Air dan Minyak Lebih Berat Mana? Berikut Penjelasannya

Air dan Minyak Lebih Berat Mana? Berikut Penjelasannya

KEPOINDONESIA.id - Salah satu perbandingan yang mungkin sering kalian pikirkan yaitu antara Air dan Minyak. Banyak pertanyaan mengenai kedua zat ini, lebih berat Air atau lebih berat Minyak? supaya kalian tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Air adalah zat yang sangat mudah di temui dan sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Sedangkan minyak banyak sekali jenisnya mulai dari Minyak Goreng, Minyak Tanah, atau Minyak Mentah. Walaupun begitu yang namanya minyak tetap saja minyak.

Apapun minyaknya tetap saja minyak tidak bisa bergabung atau bercampur dengan Air. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Minyak tidak akan bisa bercampur dengan Air. Pasti Minyak akan berada di bagian atas sedangkan Air berada di bagian bawah minyak.

Lalu lebih berat Minyak atau Air dalam jumlah liter yang sama? untuk mengetahuinya kalian bisa simak penjelasan di bawah ini. Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca perbedaan waktu GMT dan UTC serta apa yang dimaksud dengan produk Special Edition.

Jawabannya sangat simple dan sederhana. Misalnya sama-sama memiliki liter yang sama, Air 1 liter dan Minyak 1 liter. Maka hasilnya air lebih berat dari pada minyak dalam satuan kg walaupun memiliki liter yang sama.

1 liter Air memiliki berat 1 KG sedangkan 1 liter Minyak memiliki berat 0,8 kg, 0,2 lebih ringan dari pada air. Kenapa bisa begitu? karena Air memiliki berat jenis yang lebih besar dari pada Minyak.

Mudahnya berat jenis air > berat jenis minyak. Apa itu berat jenis? Berat Jenis adalah perbandingan antara berat suatu benda dengan volume benda. Berat jenis air sendiri 1.000 kg/m³ sedangkan minyak 800 kg/m³.

Setelah tau berat jenis antara Air dan Minyak pasti kalian akan sadar bahwa air memang lebih berat dari pada minyak walaupun memiliki liter yang sama. Setelah tau lebih berat yang mana ada pertanyaan lain yang sering ditanyakan.

Apa penyebab Air dan Minyak tidak bisa bersatu? Penyebabnya karena masa jenis Minyak lebih kecil dari pada Air. Benda yang memiliki masa jenis lebih kecil akan selalu di atas dari benda yang memiliki masa jenis yang lebih besar.

Oleh karena itu selain tidak bisa bersatu, jika Air dan Minyak di campur maka minyak akan selalu berada di atas. Seperti yang sudah saya katakan tadi, karena masa jenis minyak lebih kecil dari pada air.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan tentang masa jenis Air dan Minyak. Yang jelas berat jenis air dan minyak berbeda. Air memiliki berat jenis yang lebih besar dari pada minyak. Selisih berat jenis air dan minyak yaitu 200 kg/m³ atau 0,2 gr/cm³.


EmoticonEmoticon