Perbedaan Sikap Empati dan Simpati, Mana Yang Perlu Ditiru?

Perbedaan Sikap Empati dan Simpati, Mana Yang Perlu Ditiru?

KEPOINDONESIA.id - Saya yakin kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah Simpati dan Empati. Kedua sikap tersebut secara tidak sadar pasti pernah kalian rasakan dan kalian bingung bahwa itu adalah sikap Empati atau Simpati.

Sikap ini sangat mudah muncul dalam kehidupan sehari-hari. Antara Simpati dan Empati memiliki hubungan yang sangat dekat oleh karena itu banyak orang yang salah mengartikannya.

Sebagai contoh sebenarnya kalian sedang Empati, tetapi karena ketidaktahuan orang lain menyebutnya kalian sedang Simpati. Penjelasan antara kedua sikap tadi sangat sederhana, saya yakin kalian akan mudah membedakannya.

Supaya lebih jelas langsung saja kalian simak penjelasan saya kali ini tentang pengertian dan contoh sikap Simpati dan Empati. Namun sebelum saya jelaskan pengertian dan contohnya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti apa yang dimaksud dengan buka 24/7 serta pengertian masa grace kartu di perdana Telkomsel. Berikut penjelasan dan contoh antara sikap Empati dan sikap Simpati yang perlu kalian ketahui.

Sikap Simpati


Simpati adalah keadaan dimana seseorang dalam menyikapi masalah yang sedang menimpa orang lain dengan menampilkan rasa kasihan dan iba. Rasa kasihan dan iba adalah rasa yang sering muncul saat melihat sesuatu yang menyedihkan.

Simpati adalah perasaan yang muncul dengan sendirinya. Saya katakan ini adalah perasaan refleks yang sedih saat melihat seseorang dalam kesulitan dan senang saat melihat orang lain bahagia.

Ada beberapa contoh sikap Simpati, berikut contoh-contoh perasaan Simpati. Merasa senang jika teman sudah menikah dengan pasangannya serta merasa sedih dan ikut bela sungkawa saat keluarga dari sahabat kalian ada yang meninggal dunia.

Sikap Empati


Berbeda dengan Simpati, Empati adalah perasaan seseorang baik sedih atau senang saat melihat orang lain merasakan kesedihan atau kebahagiaan yang pernah dialami oleh orang yang Berempati.

Mudahnya begini, sikap Empati adalah perasaan yang muncul karena pernah melalui kebahagiaan atau kesedihan yang sedang dialami oleh orang lain. Dari raut wajahnya seseorang yang empati akan lebih serius menanggapi kejadian yang ada.

Apa contoh sikap Empati?, ada banyak contoh sikap Empati yang mungkin pernah kalian alami. Kalian akan merasa sedih dan kasihan saat melihat seseorang yang ditinggal oleh temannya. Hal tersebut bukan karena kasihan secara langsung tetapi rasa kasihan yang muncul karena ditinggalkan tidaklah menyenangkan.

Nah itu dia penjelasan saya mengenai sikap Empati dan Simpati. Mungkin kalian akan Simpati saat melihat seseorang kehilangan motor mereka. Tetapi beberapa tahun yang akan datang sikap Simpati akan berubah menjadi Empati jika kalian sudah pernah merasakan perasaan saat motor yang dimiliki hilang.

Semoga artikel ini membantu kalian yang belum tau pasti perbedaan antara perasaan Simpati dan Empati. Walaupun berbeda tetapi sifat tersebut akan muncul dengan sendirinya. Tetapi pesan saya jangan merasa kasihan jika kalian tidak bisa membantu.

Karena seseorang yang mendapatkan masalah tidak membutuhkan rasa kasihan dari diri kita atau orang lain. Melainkan mereka membutuhkan bantuan dari orang-orang yang memiliki hati baik.


EmoticonEmoticon