Arti dan Pengertian Uptime, Downtime, dan Cooldown

Arti dan Pengertian Uptime, Downtime, dan Cooldown


KEPOINDONESIA.id - Antara uptime, downtime dan cooldown seharusnya kalian tau salah satu dari dari ketiga kata tersebut. Sebagai contoh kalian yang sering bermain game RPG (Role Playing Game) kata cooldown sering ada di game khususnya di game bergenre RPG.

Sedangkan uptime dan downtime istilah ini sering digunakan pada forum yang membahas mengenai situs, website, ataupun blog. Supaya kalian menjadi tau tentang ketiga istilah tadi kali ini saya akan membabas mengenai apa itu yang dinamakan cooldown, uptime, dan downtime.

Antara uptime dan downtime masih satu penjelasan karena digunakan dalam bidang yang sama. Sedangkan Cooldown berbeda tetapi akan saya bahas juga. Untuk itu langsung saja kalian simak penjelasan saya dibawah ini.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara menghilangkan mencari download tidak lengkap di aplikasi Youtube serta cara melihat riwayat belanja di Tokopedia.

Uptime


Yang pertama yaitu uptime. Uptime adalah waktu aktif server saat digunakan untuk menjalankan sesuatu seperti situs atau aplikasi. Semakin tinggi uptime mendekati 100% maka semakin bagus juga server tersebut.

Jika blog yang kalian miliki sering tidak bisa di akses kalian bisa cek uptime blog kalian. Jika uptime nya buruk atau jelek saran saya lebih baik kalian ganti server baik VPS, cloud hosting, atau shared hosting.

Downtime


Berikutnya yaitu downtime. Hampir sama seperti uptime tetapi downtime yang dihitung waktu saat server tidak tersedia. Semakin lama downtime terjadi kemungkinan akan kehilangan pengunjung semakin besar.

Sebagai contoh situs kalian down sejak jam 12 siang sampai pukul 3 sore. Nah waktu saat situs tidak bisa dibuka itulah yang dinamakan waktu downtime, yaitu sekitar 3 jam waktu downtime.

Cooldown

Yang terakhir yaitu cooldown. Cooldown adalah waktu jeda sebelum sebuah fitur digunakan kembali. cooldown berfungsi untuk menjaga kestabilan saat menggunakan fitur tersebut. Cooldown sendiri lebih sering disebut waktu cooldown yang memiliki arti waktu jeda.

Nah itu dia penjelasan dari saya mengenai arti dan pengertian dari uptime, cooldown, dan downtime. Semoga kalian terbantu dengan artikel ini dan jika ada yang kurang jelas mohon di maklumi.

Saat kalian sedang istirahat setelah menempuh berjalan jauh ini juga bisa disebut dengan cooldown. Mesin butuh sekali cooldown atau istirahat karena jika terlalu panas performanya akan menurun khususnya mesin dengan bahan bahan bensin. 

Selain itu bagi kalian yang tidak tau cara melihat ukuran folder kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan tentang cara mengecek ukuran atau size sebuah folder.


EmoticonEmoticon