3 Cara Mengatasi Fitur Snip & Sketch Tidak Berfungsi di Windows

3 Cara Mengatasi Fitur Snip & Sketch Tidak Berfungsi di Windows

KEPOINDONESIA.id - Ada banyak sekali cara untuk melakukan screenshot atau tangkap layar di perangkat Windows 10. Mulai dari menggunakan tombol Print Screen, kombinasi Win + Print Screen, menggunakan Snipping Tool, atau menggunakan fitur Snip & Sketch.

Dari beberapa cara diatas menggunakan Snip & Sketch adalah yang paling sering saya gunakan karena memang sesuai dengan kebutuhan saya. Dengan menekan kombinasi Shift + Win + S fitur ini akan langsung muncul.

Sekilas seperti Snipping Tool, tetapi Snip & Sketch memang diperuntukan sebagai alternatif Snipping Tool karena memang fitur ini adalah fitur lanjutnya dari Snipping Tool. Singkatnya dengan Snip & Sketch kalian bisa melakukan tangkap layar dengan banyak pilihan.

Mulai dari Rectangular Snip, Window Snip, Freeform Snip, dan FullScreen Snip. Yang saya alami beberapa hari yang lalu yaitu fitur Snip & Sketch tidak berfungsi atau tidak bekerja. Singkatnya dengan menekan kombinasi keyboard Shift + Win + S fitur ini tetap muncul.

Tetapi setelah saya memilih untuk melakukan screenshot sebagian hasil sreenshot tidak tersimpan seperti biasanya. Alias bagian layar yang saya pilih tidak hilang dan tetap terblok, setelah saya klik mouse 1x baru hilang tetapi tetap saja tidak tersimpan.

Setelah saya mencoba beberapa cara, akhirnya saya berhasil memperbaiki dan Snip & Sketch dapat saya gunakan kembali. Untuk lebih jelasnya mengenai permasalahan ini kalian bisa simak penjelasan saya sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya tentang Windows 10. Seperti cara melihat notifikasi di Windows 10 serta cara mencegah supaya Windows 10 tidak auto update.

Solusi Snip & Sketch Tidak Mau Menyimpan


1. Restart Perangkat


Cara pertama yang bisa kalian coba yaitu silakan restart Laptop atau Komputer kalian jika fitur Snip & Sketch tidak bisa digunakan. Cara ini wajib kalian coba untuk menentukan langkah selanjutnya jika perangkat sudah di restart tetapi masih belum berhasil.

2. Reset Snip & Sketch


Setelah kalian mencoba restart tetapi tidak berhasil kalian bisa mereset atau menghapus data aplikasi Snip & Sketch. Untuk cara menghapus data aplikasi Snip & Sketch sangat mudah sekali, jika kalian belum tau maka akan saya jelaskan caranya.

Silakan kalian buka Settings>Apps>Apps & features>Snip & Sketch>Advanced options>Reset. Proses reset akan memakan waktu beberapa detik. Tenang saja gambar atau foto yang pernah kalian screenshot tidak akan hilang.

3. Update Aplikasi Snip & Sketch di Microsoft Store


Jika sudah reset aplikasi Snip & Sketch tetapi tetap saja tidak berhasil, cara terakhir yang bisa kalian coba yaitu silakan update aplikasi Snip & Sketch. Untuk cara update nya silakan kalian buka Microsoft Store lalu cek update untuk aplikasi Snip & Sketch.

Saya yakin akan ada update atau pembaruan, silakan kalian update. Setelah berhasil update langsung restart Laptop atau Komputer yang kalian gunakan. Saya jamin fitur Snip & Sketch akan berfungsi secara normal seperti semula karena saya sudah mencobanya.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengatasi fitur Snip & Sketch di Windows 10 tidak berfungsi. Jika kalian mengalami Snipping Tool yang tidak berfungsi bukannya Snip & Sketch, maka untuk cara mengatasinya berbeda.

Tetapi jika sempat akan saya bahas juga mengenai cara mengatasi Snipping Tool Windows 10 tidak bekerja dengan normal. Sebelum saya akhiri, bagi kalian yang belum tau cara mengatur waktu tidur layar di Windows kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon