Ucapan Kemarin, Sekarang, dan Besok Dalam Bahasa Jawa

Ucapan Kemarin, Sekarang, dan Besok Dalam Bahasa Jawa

KEPOINDONESIA.id - Bagi kalian yang tidak terbiasa menggunakan Bahasa Jawa alus pasti akan kesusahan dalam percakapan yang membutuhkan Bahasa Jawa alus walaupun kalian adalah orang Jawa asli.

Sebenarnya ada beberapa ucapan atau kalimat yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dalam Bahasa Jawa yang bisa kalian hafalkan. Kalian hanya perlu menghafalkan beberapa kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. 

Selain itu kalian harus mencoba mendengar ucapan Bahasa Jawa supaya kosakata yang kalian tau menjadi lebih banyak. Karena dengan bermodalkan menghafal kalian tidak akan bisa mengucapkan kata dengan benar. 

Ada beberapa kata yang wajib kalian ketahui yaitu Kemarin, Sekarang, dan Besok. Jadi kali ini saya akan menjelaskan tentang Bahasa Jawa kemarin, Bahasa Jawa sekarang, dan Bahasa Jawa besok. 

Selain itu ada beberapa tambahan lainnya yang nanti akan saya jelaskan juga. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang disebut dengan mutung serta contoh wewaler yang perlu kalian ketahui.

Bahasa Jawa Kemarin


Yang pertama yaitu Kemarin. Kemarin dalam bahasa Jawa alus dapat kalian ucapkan dengan kalimat kala wingi. Ingat, bukan wingi tetapi kala wingi atau wingi enjang. Karena jika wingi itu bahasa Jawa ngoko. 

Untuk contoh penggunaannya sebagai berikut. Kemarin pak Jono pulang dari Jakarta, maka akan menjadi "Kala wingi pak Jono wangsul saking Jakarta". Dan masih banyak yang lainnya tetapi yang jelas dalam Bahasa Jawa kemarin yaitu kala wingi. 

Bahasa Jawa Sekarang


Yang berikutnya yaitu Sekarang. Sekarang dalam bahasa Jawa alus dapat diucapkan menjadi Sakmeniko bukan Saiki.  Untuk contoh nya sebagai berikut, Sekarang saya akan memberitahu pak Jono. 

Dalam bahasa Jawa alus akan menjadi "Sakmeniko kulo ngaturi pak Jono". Selain sakmeniko terkadang beberapa orang menggantinya dengan sakniki dan bukan saiki. Sakniki juga termasuk Bahasa Jawa halus jadi bisa kalian gunakan. 

Bahasa Jawa Besok


Yang terakhir yaitu Besok. Dalam bahasa Jawa alus besok adalah Mbenjang atau Enjang. Penggunaan Enjang atau Mbenjang sebagai berikut. Saya berangkat ke Surabaya Besok Sore, maka akan menjadi "Kulo badhe tindak Suroboyo Mbenjang Sonten". 

Selain ketiga kata tadi ada beberapa kosakata bahasa Jawa lainnya yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang harus kalian ketahui. Apa saja kosakatanya yaitu seperti apa yang saya jelaskan di bawah ini. 

Seperti Saya = Kulo, Kamu = Panjenengan, Dia = Piyambakipun, Apa = Menopo, Siapa = Sinten, Iya = Inggih, Barangkali = Menawi, Orang = Tiyang, Semua = Sedaya, Belum = Dereng, Tetapi = Amargi, Betul = Leres, dan masih banyak lainnya. 

Nah semoga penjelasan saya diatas dapat dimengerti oleh kalian. Jangan sampai salah keliru atau jika kalian lupa-lupa ingat lebih baik katakan dengan Bahasa Indonesia saja. Ini juga sopan karena seperti yang kita tau Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi kita. 

Kalian juga bisa menggunakan situs seperti terjemahan. Jika kalian ingin mencoba, kalian bisa mencoba menggunakan Google Terjemahan Bahasa Jawa walaupun hasilnya masih jauh dari kata bagus. Wajar saja dan kalian tidak usah khawatir semakin sering kalian mendengar kalian akan bisa sendiri. 


EmoticonEmoticon