Perbedaan Teknologi AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality)

Perbedaan Teknologi AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality)

KEPOINDONESIA.id - Pasti kalian sudah tidak asing dengan istilah AR maupun VR. Teknologi ini mulai populer 3 tahun lalu sampai sekarang terus berkembang dengan pesat. Lalu apa kedua teknologi tersebut sama, atau malah berbeda?.

Yang jelas antara Augmented Reality dan Virtual Reality berbeda, tetapi memiliki konsep yang sama. Teknologi AR bisa kalian temui pada filter Facebook, Instagram, Tik Tok dan game Pokemon Go. Sedangkan untuk VR kalian bisa temukan di beberapa game VR.

Sebelum melangkah lebih jauh untuk membedakan perbedaan AR dan VR kalian harus tau terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan Virtual Reality dan Augmented Reality . Karena untuk mengetahui perbedaannya kalian harus tau pengertian dari 2 hal tadi.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan sedikit pengertian antara teknologi AR dan VR sebelum membahas mengenai perbedaan VR dan AR. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang mungkin berkaitan.

Seperti penyebab setelan sidik jari atau fingerprint hilang di pengaturan serta solusi mengatasi fitur Face ID tidak berfungsi alias terhenti di Android. Berikut penjelasan saya mengenai teknologi masa kini AR dan VR.

Augmented Reality (AR)


Augmented Reality atau yang sering disebut AR adalah sebuah teknologi yang menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia virtual. Teknologi ini membuat suasana di dunia nyata menjadi lebih menarik dengan perpaduan teknologi yang ada di dunia virtual.

Seperti yang kita tahu teknologi AR bisa membuat live streaming kita menjadi lebih hidup dengan tambahan beberapa efek dan filter yang didukung dengan AR. Singkatnya AR menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual ke dunia nyata.

Virtual Reality (VR)


Berikutnya yaitu Virtual Reality. VR adalah sebuah teknologi yang memungkinkan kita berinteraksi dan merasakan lingkungan virtual. Pengguna dapat merasakan pengalaman di dunia maya baik dalam 2 Dimensi ataupun 3 Dimensi.

Singkatnya VR membawa pengguna dari dunia nyata ke dunia virtual untuk merasakan petualangan yang ada di dunia virtual.

Lalu apa perbedaan antara VR dan AR? Bila kalian pahami perbedaan antara kedua teknologi ini yaitu di pengaman penggunaannya. Jika AR membawa dunia virtual ke dunia nyata sedangkan VR membawa kita dari dunia nyata ke dunia virtual.

Saya contohkan pada game yang menggunakan teknologi AR dan VR. Di game AR animasi bisa muncul di sekitar kita alias dunia virtual masuk ke dunia nyata. Sedangkan pada game VR kita masuk ke dunia virtual sebagai karakter yang kita gerakan sendiri.

Baik AR atau VR sekarang ini sedang dikembangkan dengan pesat bebarengan dengan populernya Metaverse. Sebelum saya akhiri apa kalian tau apa yang disebut dengan live delay? apabila kalian belum tau artinya kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan live delay yang ada di siaran TV


EmoticonEmoticon