Rabu, 08 Mei 2019

Pengertian dan Arti Live Delay di Televisi

Pengertian dan Arti Live Delay di Televisi

KEPOINDONESIA.id - Menonton TV atau Televisi merupakan kegiatan yang bisa kita lakukan jika kita sedang boring atau tidak ada aktivitas dirumah. Selain itu juga menonton TV merupakan kegiatan yang wajib ketika malam hari yaitu sebelum tidur malam. Namun kalian pernah lihat tidak siaran yang biasanya Live berubah menjadi Live Delay? pasti pernah dong, namun kalian tahu tidak arti live delay itu apa?

Sebelum kita bahasa arti live delay nya, saya akan bercerita sedikit kapan dan sesering apa saya melihat live delay di televisi. Jika kalian sering menonton saluran TV Indosiar, kalian pasti tau acara apa yang sering Live di Indosiar, yaitu jika pagi hari Mamah & Aa Beraksi dan jika malam hari yaitu Dangdut, baik D'Academy, D'Academy Asia, dan Liga Dangdut Indosiar.

Sering kali dari ke 4 acara yang sering Live di Indosiar itu mengalami live delay. Namun tau tidak arti live delay itu apa? Live delay sendiri adalah siaran langsung tertunda. Siaran tersebut sebenarnya sudah direkam secara langsung (Live) namun karena beberapa faktor jadi penayangannya diundur atau ditunda beberapa saat.

Penundaannya pun tidak jauh dari jadwal live yang sebenernya paling hanya beberapa menit saja. Di siaran Live Delay ini merupakan rekaman asli tanpa masuk proses editing jadi dinamakan live delay karena tidak masuk proses editing atau pemotongan seperti siaran Tapping.

Tapping sendiri merupakan acara rekaman, yaitu direkam terlebih dahulu untuk ditayangkan kemudian hari dan masuk dalam proses editing untuk menghasilkan tayangan yang lebih menarik serta meminimalisir kesalahan teknis atau kesalahan yang tidak sengaja.

Jadi misalnya acara Mamah & Aa Beraksi biasa tayang pukul 05:30, namun karena ada beberapa faktor jadi harus ditunda. Misalnya acara sebelumnya belum selesai jadi akan ditayangkan pukul 06:00 tanpa proses editing sama sekali, yaitu dengan file asli sama saat live pukul 05:30. Jadi semua saluran TV jika siaran langsung ditunda akan menampilkan tulisan Live Delay bukan Live baik SCTV, Trans TV, GTV, RCTI, MNCTV dan yang lainnya.


EmoticonEmoticon