4 Tips Mengatasi Kode OTP Akulaku Tidak Masuk-Masuk

4 Tips Mengatasi Kode OTP Akulaku Tidak Masuk-Masuk

KEPOINDONESIA.id - Selain aplikasi pinjaman online yang semakin hari semakin banyak, ternyata untuk layanan kredit online malah lebih sepi yang menyediakan jasa yang satu ini. Setau saya hanya Kredivo dan Akulaku saja yang menyediakan kredit online tanpa kartu kredit.

Baik kredit online atau pinjaman online, sama-sama memiliki kesamaan yaitu kita wajib untuk mencicil pinjaman sesuai yang kita gunakan. Bedanya jika aplikasi kredit online kita hanya bisa membeli berupa barang dengan cara kredit dan tidak bisa di tarik tunai atau gesek tunai.

Sedangkan jika pinjaman online nantinya kita akan mendapatkan pinjaman berupa uang yang akan dikirimkan ke rekening kita. Untuk mendukung keamanan, aplikasi seperti Akulaku ini menerapkan sistem OTP saat ingin checkout barang.

Jadi setiap ingin melakukan kredit kita wajib menggunakan kode OTP atau kode verifikasi. Ini lebih baik dari pada sistem Akulaku sebelumnya yang hanya membutuhkan OTP saat ingin login saja. Namun sayangnya sistem ini masih belum sempurna, karena kode OTP yang dikirimkan lewat SMS terkadang telat masuk bahkan tidak masuk sama sekali.

Bagi sebagian orang ini bukan masalah besar, namun jika bagi pengguna Akulaku yang suka ikut promo, diskon, atau Flash Sale ini menjadi masalah besar. Karena jika kita checkout dan tidak dilanjutkan dengan cepat karena belum menerima kode OTP bisa saja stok barang tadi sudah habis terlebih dahulu.

Sudah banyak pengguna Akulaku yang mengeluhkan masalah ini, walaupun begitu yang penting akun kita bisa aman karena sistem pembayaran membutuhkan kode OTP. Lalu apa penyebab dan solusi jika kode OTP dari Akulaku tidak masuk-masuk?

Ada beberapa tips untuk mengatasinya, ini memang wajar terjadi. Di Shopee pun terkadang kode verifikasi Shopee juga tidak masuk-masuk. Namun sebelum kita lanjut ke pembahasan kalian bisa baca cara mencari email lama dan penyebab tidak bisa login akun Lazada.

Cara Mengatasi Tidak Menerima Kode OTP dari Akulaku


1. Request Kode Siang Hari


Yang pertama kalian bisa meminta kode OTP Akulaku atau melakukan pembayaran dengan metode Akulaku pada siang hari. Untuk yang satu ini saya tidak tau pasti, namun patut kalian coba. Karena rata-rata jika kita meminta kode OTP saat pagi atau malam hari memang masuknya akan lama.

Selain lama, terkadang kode OTP tidak masuk ke nomor kita. Jika sudah masuk malah biasanya kode OTP tidak bisa digunakan seperti pada kasus kode verifikasi OTP dari Shopee tidak bisa digunakan karena ada kesalahan.

2. Pengguna Kartu Indosat


Nah berikutnya karena kalian menggunakan operator Indosat Ooredoo. Untuk penyebab yang satu ini memang rata-rata yang menggunakan kartu perdana dari operator Indosat jika meminta kode OTP dari Akulaku masuknya lama sekali.

Seperti pada kasus kode OTP Shopee yang tidak masuk-masuk, salah satunya karena menggunakan operator AXIS dan 3. Walaupun begitu terkadang operator lainnya pun sama saja seperti Telkomsel dan Smartfren jika request kode OTP Akulaku masuknya akan lama.

3. Gangguan Akulaku


Jika aplikasi Akulaku sedang gangguan, hal seperti ini jika terjadi harap dimaklumi karena hal yang lumrah. Memang jika sedang ada maintenance pada aplikasi rata-rata aplikasi akan menjadi tidak stabil dan bisa menyebabkan masalah pada beberapa fitur.

4. Gangguan Operator


Selain gangguan pada aplikasi Akulaku, gangguan pada operator yang kita gunakan juga bisa menyebabkan kode OTP dari Akulaku tidak bisa kita terima. Karena rata-rata jika sedang ada gangguan operator, kita tidak bisa melakukan panggilan keluar dan melakukan pengiriman SMS.

Selain itu kita juga tidak bisa menerima panggilan masuk dan menerima SMS. Maka dari itu jika sedang gangguan operator kalian tidak usah melakukan hal-hal yang membutuhkan kode OTP ke nomor.

Itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi jika tidak bisa menerima kode verifikasi OTP dari Akulaku. Walaupun ini bisa menyebabkan barang yang kita inginkan stoknya habis, namun sistem seperti ini demi keamanan akun Akulaku kita.

Seperti yang kita ketahui, cukup banyak penyalahgunaan akun Akulaku yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena di akun Akulaku terdapat limit yang bisa digunakan oleh orang lain. Tidak seperti pada akun Marketplace seperti Lazada, Bukalapak, ataupun Tokopedia.


EmoticonEmoticon