Mengenal Istilah Cek Harga, Cek Barang, dan Cek Lokasi Dalam Jual Beli Online

Mengenal Istilah Cek Harga, Cek Barang, dan Cek Lokasi Dalam Jual Beli Online

KEPOINDONESIA.id - Membeli barang bekas secara online lebih mudah dari pada kita mencari penjual barang tersebut. Kita bisa mencarinya di media sosial seperti Forum Jual Beli Lokal ataupun di marketplace. Namun untuk yang akan saya bahas kali ini yaitu pada FJB lokal.

Pasti kalian sudah tau beberapa istilah dalam jual beli online. Saya sendiri juga pernah membahasnya antara lain harga nego dan harga net, fast respon dam slow respon, serta barang like new dan minus pemakaian.

Sedangkan yang akan saya bahas kali ini yaitu tentang cek barang, cek lokasi, dan cek harga. Ketiga istilah tersebut pasti kita gunakan salah satu atau semuanya dalam proses jual atau beli barang bekas secara online.

Jadi kali ini saya akan jelaskan maksud dan pengertian ketiga istilah tersebut. Walaupun saya rasa sudah banyak yang tau istilah tersebut seperti istilah up dan sundul, namun pasti masih banyak juga yang belum tau.

Karena saya jamin tidak semua orang tau bahwa bisa mencari dan menjual barang bekas atau baru di Facebook. Karena masih banyak orang yang tidak memanfaatkan grup di Facebook untuk bergabung di grup FJB lokal di mana tempat tinggal mereka berada.

Cek Harga


Istilah ini merupakan istilah untuk menanyakan harga kepada penjual. Seperti yang kita tau, berjualan kini banyak saingannya maka banyak penjual yang tidak menyertakan harga. Mereka akan memberitahukan harganya jika ada yang bertanya.

Itupun tidak diberitahukan secara terbuka, penjual akan mengirimkan pesan ke akun tersebut lewat inbox dan biasa penjual akan membalas kepada orang yang bertanya dengan balasan cpm. Jika kalian belum tau arti CPM di media sosial kalian bisa baca di artikel yang pernah saya bahas.

Cek Lokasi


Sedangkan cek lokasi artinya pembeli atau penjual ingin tau lokasi kalian dimana. Hal ini untuk menentukan lokasi COD (Cash On Delivery) yang ideal, yaitu di tengah tengah antara tempat tinggal pembeli dan penjual.

Jadi cek lokasi bukan berarti kita cek barangnya di lokasi, melainkan ungkapan tanya untuk menanyakan tempat tinggal atau domisili.

Cek Barang


Nah cek barang inilah dimana kita bisa mengecek barang sapuasnya. Ada banyak pembeli yang lebih suka cek barang terlebih dahulu sebelum melakukan proses negosiasi harga. Karena sudah banyak kasus harga sudah sepakat namun barang tidak sesuai, jadi ini merupakan cara terbaik dan tidak memakan waktu negosiasi yang lebih lama.

Nah itu dia pengertian dari istilah cek barang, cek lokasi, dan cek harga. Ada juga istilah dikirim random, yang artinya barang akan di kirim secara acak yang umumnya barang yang memiliki banyak pilihan warna.


EmoticonEmoticon