Waspada Penipuan Pemenang Dari WhatsApp Berhadiah Mobil dan Motor

Waspada Penipuan Pemenang Dari WhatsApp Berhadiah Mobil dan Motor

KEPOINDONESIA.id - Belakangan ini nomor Smartfren saya sangat sering sekali mendapatkan SMS dari nomor yang tidak dikenal. Kasus seperti ini pernah saya alami di nomor 3 yang juga saya gunakan, namun kini sudah tidak lagi dan ini sangat mengganggu sekali.

Pesan atau SMS yang masuk ini mengatas namakan PT. WhatsApp. Saya sendiri tidak akan percaya dengan SMS seperti ini. Ini sudah jelas modus penipuan yang dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab.

Isi dari pesan tersebut menyatakan bahwa saya pemenang WhatsApp yang berhak mendapatkan hadiah tertentu. Iming-iming hadiah yang biasanya digunakan untuk modus ini ialah kendaraan seperti Mobil dan Motor.

Selain Mobil dan Motor, terkadang juga menggunakan iming-iming hadiah uang cash. Saya sendiri sudah pernah membahas mengenai ulang tahun WhatsApp yang ke-10 dan penipuan undian Lazada yang modus nya sama persis seperti ini.

Ada beberapa kalimat yang biasanya pasti muncul dalam modus pesan dari penipu itu. Seperti daftar pemenang WhatsApp, daftar pemenang undian WhatsApp atau termasuk dalam pemenang undian WhatsApp.

Tidak jarang juga mengatas namakan PT. WhatsApp. Yang perlu kalian ketahui, WhatsApp bukanlah PT melainkan aplikasi pengirim pesan instan. Ciri khas penipuan seperti ini yaitu rangkai kata pada pesan tidak rapi.

Sebagai contoh mengganti huruf o menjadi angka 0, merubah huruf e menjadi angka 3, serta menyingkat kata yang jadi yg dan semacamnya. Selain itu pasti akan ada PIN Anda yang bisa dikatakan sebagai bukti bahwa kalian memang menang.

Dan tidak lupa akan ada situs yang tidak jelas yang bisa menarik dan menipu daya pengguna telepon genggam yang masih awam sekali. Intinya jika kita memang menang hadiah atau undian, proses pemberitahuan nya tidak melalui SMS atau WA melainkan lewat email, telepon, atau pihak penyelenggara datang ke rumah kita.

Namun untuk via telepon masih banyak penipuan layaknya lewat SMS. Jika kita dimintai uang atau transfer uang sudah dipastikan bahwa itu penipuan. Karena pihak penyelenggara tidak akan meminta uang jika tidak dibutuhkan.

Jika dibutuhkan maka akan dimintai setelah kita menerima hadiahnya sebagai contoh untuk urusan pajak. Selain itu jika ada yang menyatakan kita sebagai pemenang undian atau kuis, jangan mau transfer uang terlebih dahulu.


EmoticonEmoticon