Cara Membatalkan Pencadangan WhatsApp Otomatis Yang Lama

Cara Membatalkan Pencadangan WhatsApp Otomatis Yang Lama

KEPOINDONESIA.id - Sebagai aplikasi chatting populer, WhatsApp bisa menerima dan mengirim file dan dokumen selain pesan teks dan media. Bisa dibilang hampir semua format-format file dan dokumen populer saat ini bisa dikirimkan lewat aplikasi chatiing WA ini.

Dengan WhatsApp kita bisa mengirim beberapa kategori jenis file secara umum mulai dari Dokumen, Galeri, Katalog, Audio, Lokasi, dan Kontak. Walaupun begitu, seperti aplikasi chatting lainnya bahwa semua data akun WA kita akan tersimpan ke ponsel yang kita gunakan.

Seperti aplikasi BBM yang sudah tutup, rata-rata memang untuk aplikasi chatting semua data akan tersimpan ke telepon tidak di akun seperti pada akun sosial media. Karena hal itulah WhatsApp sering mencadangkan pesan secara otomatis.

Hal ini menurut saya sangat mengganggu karena muncul secara otomatis dan tiba-tiba. Namun untuk sebagian orang hal ini sangat bermanfaat, namun bagi saya tidak. Karena pencadangan WhatsApp secara otomatis ini berlangsung lama, bisa lama sekali malahan.

Seperti saat WhatsApp mencari cadangan terus, hal ini kadang memakan waktu yang sangat lama. Saat pemulihan media di WA pun terkadang juga lama, maka banyak orang yang mencari tau cara menghentikan pemulihan media di WhatsApp.

Lalu bagaimana jika kita ingin menghentikan cadangan WhatsApp yang tiba-tiba muncul dan tidak mau hilang? Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan berdasarkan pengalaman saya. Namun sebelum itu kalian bisa baca penipuan aplikasi WhatsApp berwarna dan cara edit daftar kontak di WA.

Cara Menghentikan Pencadangan Lokal WhatsApp


1. Menutup Aplikasi WhatsApp di Recent Apps


Langkah sederhana yang bisa kalian lakukan untuk membatalkan membuat cadangan lokal di WhatsApp ialah dengan cara menutup aplikasi WhatsApp yang berjalan di Recent Apps. Ini merupakan cara paling mudah dan paling cepat yang bisa kalian coba.

Namun sayangnya dengan cara ini terkadang tidak berfungsi karena aplikasi WhatsApp masih terus berjalan untuk membuat cadangan lokal di memori internal kita. Jadi jika dengan cara ini tidak berhasil, kalian bisa menggunakan cara berikutnya.

2. Hentikan Paksa Aplikasi WhatsApp


Berikutnya yaitu dengan cara menghentikan aplikasi WhatsApp secara paksa. Cara ini merupakan cara paling ampuh dan hampir 90% pasti akan berhasil menggunakan cara ini apalagi bagi pengguna ponsel Android.

Caranya cukup buka info aplikasi dan hentikan aplikasi WhatsApp. Jika sudah dihentikan, silakan kalian buka aplikasi WhatsApp nya maka proses pencadangan akan hilang dan kalian akan bisa menggunakan WA kembali tanpa ada gangguan.

3. Reboot Perangkat


Berikutnya jika dengan menghentikan aplikasi WhatsApp belum berhasil, kalian bisa reboot atau restart HP kalian terlebih dahulu. Jika sudah di restart dan menyala, silakan langsung buka aplikasi WA nya.

Dan jika pencadangan tidak muncul, kalian tidak usah melakukan hal apapun. Dan jika pencadangan masih muncul, silakan kalian hentikan paksa aplikasi WhatsApp nya, pasti akan berhasil.

Nah itu dia cara menghentikan pencadangan lokal WhatsApp yang tiba-tiba muncul. Lebih baik kalian batalkan saja, dan kalian bisa backup data WA jika kalian mau pindah HP atau ganti HP. Karena jika pencadangan otomatis selalu berjalan maka data aplikasi WhatsApp akan semakin besar.

Jika data aplikasi WhatsApp semakin banyak, maka memori internal di HP kalian akan terus berkurang. Dan saya sarankan untuk menghapus data sampah setiap bulan supaya memori internal di HP kalian tidak penuh dan sesak.

1 nhận xét so far

terima kasih infonya..sangat membantu..


EmoticonEmoticon