Arti Kode Pengiriman RPX Logistik Lengkap

Arti Kode Pengiriman RPX Logistik Lengkap

KEPOINDONESIA.id - RPX merupakan salah satu perusahaan jasa pengiriman logistik dan ekspres yang sebenarnya ditujukan untuk generasi milenial namun namanya kalah pamor dengan jasa logistik lainnya. Seperti yang kita tau, bahwa RPX jarang ada dalam pilihan jasa pengiriman di E-Commerce atau Marketplace.

Rata-rata di toko online hanya menyediakan pilihan jasa pengiriman Pos Indonesia, JNE, dan J&T. Sedangkan untuk RPX saya sendiri belum pernah melihat dan menggunakan jasa pengiriman yang satu ini.

Walaupun begitu, ternyata RPX menjadi jasa pengiriman yang lebih di kenal oleh kalangan individu atau kelompok untuk mengirim barang tanpa melalui perantara e-commerce ataupun marketplace.

Awal RPX dimulai dari didirikannya PT. Republic Express pada tahun 1982 yang bekerja sama dengan City Link untuk menangani pengiriman barang ke sekitar negara Asia Tenggara. Dan pada tahun 1984 berubahlah menjadi PT Repex Perdana International (RPX International).

Sejarah jasa logistik RPX ini terbilang cukup panjang, jadi tidak akan saya jelaskan lebih rinci. Karena yang akan saya bahas ialah tentang arti kode pengiriman RPX atau arti kode tracking RPX. Sangat penting untuk mengetahui arti dari kode tracking ini.

Saya sendiri juga pernah membahas kode pengantara paket Ninja Express dan kode pengiriman SiCepat. Jadi jika kalian belum tau silakan dibaca terlebih dahulu. Berikut kode pengiriman jasa logistik RPX.

Kode Status Pengiriman RPX


PUP (Package picked up from customer’s location) - Paket diambil dari lokasi pengirim.

PUX (Package picked up by cash payment) - Paket sudah diambil dan dibayar dengan uang tunai.

GTO (Package out in transit from gateway) - Paket sedang dalam proses pengiriman ke tempat transit.

SOP (Package departed from RPX origin location) - Paket sudah berangkat dari kota asal pengiriman.

TRI (Package arrived at RPX transit location) - Paket sudah tiba di lokasi transit.

SIP (Arrived at RPX destination location) - Paket sudah sampai pada kota tujuan.

VAN (Package on the way for delivery) - Paket sedang dalam perjalanan ke alamat penerima.

POD (Package received by Customer)
- Paket sudah diterima.

DEX (Package delay due to customer’s office/resident is closed) - Pengiriman paket tertunda karena rumah atau kantor dalam keadaan tutup.

Nah itu dia beberapa kode pengiriman RPX. Jadi kalian bisa menilai sendiri jika kalian lacak paket kalian dengan resi maka akan muncul beberapa kode seperti PUP, PUX, GTO, SOP, TRI, SIP, VAN, POD, dan DEX.

Kode status pengiriman RPX ini menurut saya lebih simpel dan mudah di pahami. Selain itu jika kalian tidak tau cara melacak kiriman di aplikasi JD.ID, kalian bisa baca cara mudah melacak kiriman di JD.ID tanpa resi.


EmoticonEmoticon