Kata HS, HH, dan WP Yang Merupakan Bahasa Forum Gadget Yang Terlupakan

Kata HS, HH, dan WP Yang Merupakan Bahasa Forum Gadget Yang Terlupakan

KEPOINDONESIA.id - Perkembangan teknologi sekarang berkembang sangat pesat sekali. Saya sampai bingung dan enggan untuk mengikutinya. Tidak seperti pada 5 tahun yang lalu. Mungkin jika kalian aktif di Facebook dan bergabung di Forum atau Grup Gadget, pasti tidak asing dengan 3 istilah HH, HS, dan WP.

Istilah tersebut dulu sangatlah populer sekali. Karena media sosial yang populer hanya ada Facebook dan BBM saja. BlackBerry Messenger kepopulerannya dulu pun hanya sebentar, karena kemunculan aplikasi WhatsApp.

Jadi dulu orang-orang lebih banyak berdiskusi dan berkomentar di Grup Facebook, tidak melalui pesan pribadi seperti Japri ataupun PM dan DM. Nah untuk di grup gadget, yang dibahas pasti tentang brand HP sama OS nya.

Dulu masih sangat kental dengan perdebatan OS seperti antara Operasi Sistem Android, iOS, Windows Phone, Symbian, dan MeeGo lebih bagus yang mana. Namun untuk sekarang sudah di pukul rata, hanya ada Android dan iOS saja, jadi perdebatan OS sudah tidak ada lagi.

Sedangkan untuk sekarang hanya ada perdepatan antara fans brand-brand tertentu. Seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Realme yang masih sering terbakar fans-fans dari brand tersebut. Kembali ke topik, lalu apa itu HS, apa itu HH, dan apa itu WP?

Ketiga kata tersebut merupakan singkatan, yang mungkin saja dari dulu sampai sekarang kalian belum tau kepanjangannya apa. Namun sebelum kita lanjut kalian bisa baca cara edit kontak WA serta cara mengatasi setelan tidak menanggapi.

HH


HH sendiri singkat dari Hand Held, yang memiliki arti yang di genggam tangan "Handphone". Jadi mudahnya HH artinya HP yang kalian gunakan itu apa? Misalnya Samsung ya Samsung Galaxy S4 atau Samsung Galaxy Ace 3, itu merupakan beberapa HP terbaik milik Samsung di masanya.

Namun kata HH ini sudah jarang sekali digunakan, karena sudah tidak terlalu populer yang namanya oprek HP. Sebab HP Android sekarang lebih susah di oprek dari pada tipe-tipe HP Android terdahulu.

HS


Untuk HS merupakan singkatan dari Home Screen, atau layar utama. Untuk kata yang 1 ini masih sering saya temui, namun sudah jarang yang menggunakan istilah ini. Biasanya orang yang tidak tau ingin membahas apa namun ingin posting ke grup, mereka menggunakan seruan "Perang HS", atau "Tunjukan HS kalian".

Setelah itu anggota grup akan satu persatu membagikan SS (Screenshot) Home Screen masing-masing di kolom komentar. Nah pada momen ini biasanya kata WP muncul.

WP


WP merupakan singkatan Wallpaper, namun juga bisa diartikan menjadi Windows Phone. Jadi saat perang HS dan ada screenshot yang wallpapernya bagus, pasti nanti akan ada yang berkomentar "Turunkan WP nya gan", yang artinya minta gambar yang dibuat wallpaper.

Nah itu dia beberapa kata gaul dalam forum gadget yang sudah terlupakan. Saya sangat senang sekali pada 5 tahun yang lalu, karena pembahasannya lebih menarik dan informatif tidak seperti sekarang.


EmoticonEmoticon