Sabtu, 17 Agustus 2019

Penyebab & Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa dan Kuota Kartu 3

Penyebab & Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Pulsa dan Kuota Kartu 3

KEPOINDONESIA.id - Selalu mengecek atau melihat jumlah kuota dan pulsa yang tersedia sering kali dilakukan oleh beberapa orang. Salah satunya yang sering saya lakukan ialah mengecek pulsa dan kuota kartu perdana Three/Tri, karena operator ini merupakan kartu utama saya. Nah pengalaman saya bertahun-tahun menggunakan Tri ternyata ada waktu saat kita tidak bisa mengecek pulsa dan kuota sama sekali.

Mungkin banyak pengguna Tri ataupun pengguna setia yang belum mengetahuinya, atau malah tidak sadar jika hal itu akan terus terjadi setiap harinya alias bukanlah gangguan. Saya sendiri awalnya menganggap hal tersebut adalah gangguan, namun akhirnya saya menyimpulkan bahwa itu memang terjadi setiap hari alias disengaja.

Disengaja disini bukan disengaja memang sistem dibikin tidak berkerja, namun karena faktor tertentu. Jadi jika nomor Tri tidak bisa cek pulsa dan kuota pada waktu dan kejadian yang akan saya bahas dibawah, kalian tidak usah khawatir. Sebenarnya untuk tidak bisa cek pulsa dan kuota ini sering juga terjadi di provider atau operator yang lainnya.

Seperti tidak bisa cek pulsa Telkomsel, tidak bisa cek pulsa XL, dan tidak bisa cek pulsa kartu Indosat. Namun sayangnya yang saya ketahui hanya Tri saja, karena hanya operator ini yang saya gunakan dari ketiga operator tersebut. Lalu bagaimana cara mengatasi cek pulsa gak bisa? tidak bisa cek pulsa di kartu 3?

Sebenarnya caranya mudah sekali kalian tidak perlu melakukan hal-hal yang lainnya. Namun sebelum lanjut ke pembahasan kalian bisa baca dulu cara mengatasi hubungkan ke jaringan saat membuka aplikasi dan cara menghilangkan iklan planet 3.

Solusi Tidak Bisa Cek Pulsa dan Kuota di Operator Tri


1. Jangan Cek Pulsa dan Kuota Pada Pukul 00:00-05:00


Nah ini dia penyebab utama yang sering terjadi di operator Tri, entah kenapa jika kita cek kuota dan cek pulsa pada rentang waktu diatas maka cek pulsa dan kuota tidak bisa ataupun tidak ditemukan. Hal ini sudah saya test dan uji memang di pukul 00:00-05:00 kayaknya sistem Tri sedang cool down.

Baik kalian cek pulsa lewat dial *111# atau *111*1# atau lewat sms untuk cek kuota dengan mengirim info kuota ke 234 ataupun lewat website https://my.tri.co.id. Hal ini tidak akan bisa jika masih dalam rentang waktu dini hari sampai jam 5 pagi. Untuk selesainya sendiri saya rasa tidak sampai jam 5 pagi, namun itu hanya perkiraan saja.

Namun jika sudah lebih dari pukul 12 malam memang kita tidak bisa cek kuota, cek pulsa, ataupun beli paket nantinya akan ada keterangan error. Dan jika beli paket, paket yang kalian beli akan berhasil terbeli jika sudah pagi hari atau jika waktu cool down nya sudah selesai.

2. Sedang Gangguan


Selain penyebab utama yang tadi, penyebab lainnya yang sering terjadi juga yaitu sedang ada gangguan atau pemeliharaan sistem/maintenance. Hal ini sering terjadi, karena jika sedang ada gangguan kita tidak akan bisa cek pulsa, cek kuota ataupun membeli sebuah paket baik sms, telepon ataupun internet.

Selain itu, jika listrik di daerah kalian sedang padam atau istilahnya mati lampu saya jamin sinyal kartu Tri ini akan drop langsung tidak sepereti operator yang lainnya. Dan sinyal yang drop ini bisa menyebabkan kita tidak bisa cek pulsa dan cek kuota alias jadi pending.

Nah itu dia 2 penyebab kita tidak bisa cek pulsa, cek kuota dan beli paket di kartu 3. Kedua hal diatas merupakan pengalaman saya pribadi yang sering kali saya alami selama menggunakan kartu Tri ini. Memang sinyalnya gampang hilang, tapi overall sangat bagus dari pada operator yang lainnya.

Namun masih kalah dari Telkomsel dan Smartfren, itu menurut pendapat saya pribadi. Dan jika HP kalian sudah 4g LTE, khsusnya Android kalian bisa baca penyebab tidak bisa mengirim dan menerima SMS dan Telepon pada jaringan 4g. Hal ini pasti sering dialami oleh beberapa orang yang baru menggunakan HP 4g.


EmoticonEmoticon