Apa Boleh Ganti Oli Saja Tanpa Servis di Bengkel Resmi dan Bengkel Biasa

Apa Boleh Ganti Oli Saja Tanpa Servis di Bengkel Resmi dan Bengkel Biasa

KEPOINDONESIA.id - Pihak pabrikan sepeda motor menyarankan saat servis juga melakukan pergantian oli mesin setiap 3 bulan sekali. Jadi jika kalian servis di bengkel resmi disarankan selain servis juga mengganti oli mesin.

Untuk oli mesin memang disarankan 3 bulan sekali ganti atau jika sudah menempuh jarak sekitar 2.000 KM. Bagaimana dengan servis rutin? apakah setiap 3 bulan sekali wajib di servis walaupun jarang digunakan?.

Apa bisa hanya ganti oli saja dan tidak perlu servis? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai. Saya sendiri sudah lama tidak pernah servis dan rutin ganti oli saja karena memang tidak ada yang perlu di servis.

Apa yang akan saya bahas berlaku untuk di bengkel umum dan bengkel resmi. Dan ini berlaku untuk mobil juga alias tidak hanya sepeda motor. Untuk tau lebih jelas langsung saja saya bahas artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas. Seperti kenapa aplikasi Y-Connect Yamaha tidak mendeteksi pergantian oli serta alasan kenapa rantai sepeda motor perlu dilumasi ketika sudah kering.

Apa Servis Wajib Dilakukan Secara Rutin?


Untuk servis jawabannya tidak, tetapi hanya sekedar disarankan. Karena servis biasanya hanya sekedar pemeriksaan dan pembersihan pada part yang perlu dibersihkan dan jika tidak di servis selama 1 tahun sebenarnya tidak masalah.

Apa Ganti Oli Wajib Secara Rutin?


Untuk oli iya, ini wajib secara rutin. Semakin rutin semakin bagus apalagi jika oli yang digunakan berkualitas. Walaupun semakin rutin semakin bagus supaya sesuai ganti oli jika sudah waktunya diganti.

Apa Ganti Oli Tanpa Servis Boleh Dilakukan?


Tentu saja boleh dan servis tanpa ganti oli juga boleh. Keduanya tidak saling mengikat hanya saja di bengkel resmi direkomendasikan. Tetapi untuk saya sendiri lebih prefer ganti oli saja karena ini sifatnya wajib.

Di Bengkel Resmi Apa Boleh Ganti Oli Saja?


Sangat boleh sekali tidak ada larangan. Tetapi jika motor kalian Honda datang ke bengkel resmi Honda dan jika motor kalian Yamaha datang ke bengkel resmi Yamaha. Walau diperbolehkan tetapi tidak dianjurkan datang ke bengkel resmi milik pesaing.

Berapa Biaya Ganti Oli Saja?


Biayanya yaitu harga dari oli ditambah biasa jasa. Untuk di bengkel resmi biaya jasa ganti oli kurang lebih 10 ribu hingga 15 ribu. Sedangkan untuk di bengkel biasa atau bengkel pinggir jalan saya yakin lebih murah.

Tidak ada paksaan apabila servis wajib ganti oli dan ganti oli wajib servis. Tetapi jika ditanya ganti oli dulu atau servis terlebih dahulu sudah pasti jawabannya ganti oli terlebih dahulu. Ingat servis hanya sekedar pengecekan.

Tetapi jika dirasa ada yang tidak beres ini wajib di servis untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. Servis ringan mungkin bisa kalian lakukan jika ada yang tidak beres atau sekalian ganti komponen tertentu seperti filter oli.

Sekian pembahasan dari saya mengenai apakah boleh ganti oli tanpa servis. Itu saja yang bisa saya bahas dan jelaskan dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca cara setting CO di motor Yamaha di bengkel resmi bagi yang belum tau.


EmoticonEmoticon