Kamis, 11 Juli 2019

4 Cara Memperbaiki Tampilan Instagram Yang Terpotong

4 Cara Memperbaiki Tampilan Instagram Yang Terpotong

KEPOINDONESIA.id - Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat populer sangat ini, saking populernya yang dulunya tidak terlalu ketat sekarang menjadi sangat ketat peraturannya sama seperti Facebook dan Twitter. Namun sayangnya untuk aplikasi Instagram ini belum sepenuhnya sempurna, sering terjadi bug. Untuk itu, kali ini saya akan membahas soal tampilan IG yang terpotong pada beberapa update pada aplikasi Instagram.

Banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa tampilan Instagram terpotong setelah aplikasinya di perbarui. Saya tidak tau pasti terpotongnya seperti apa karena saya tidak menggunakan IG, namun dari beberapa kasus yang saya dapatkan ada beberapa tampilan IG yang terpotong yang dulu bisa dibilang aman-aman saja atau full screen.

Salah satunya Story Instagram terpotong, Teks atau Caption Instagram terpotong dan Komentar Instagram yang beberapa ada yang terpotong juga. Untuk Instagram story yang saya tau terpotong pada bagian atas dan bawah, ada yang bagian bawah saja dan ada yang keduanya. Jadi foto atau video yang di unggah di story IG ini terpotong tidak full memenui layar.

Tampilan Instagram Terpotong

Sedangkan untuk caption pada postingan video dan foto di Instagram pun ada beberapa pengguna yang terpotong juga. Jadi tulisan pada caption tidak responsif dengan lebar layar atau aplikasi jadi tetap lurus ke kanan tidak otomatis enter kebawah, jadi ada beberapa teks yang tidak dapat dibaca. Sedangkan untuk di komentar, jika ada pengguna berkomentar panjang akan terpotong tidak sampai bawah.

Untuk kasus komentar Instagram terpotong ini seperti ada batas kata yang bisa ditampilkan, jika melebihan bata kata tersebut akan terpotong ataupun hilang. Lalu bagaimana cara mengatasi tampilan Instagram yang terpotong? Caranya mudah banget, karena ini hanyalah bug saja.

Namun sebelum kita bahas cara mengatasi tampilan IG yang terpotong, kalian bisa baca terlebih dahulu beberapa masalah yang sering muncul di Instagram yaitu cara mengatasi tindakan diblokir di instagram dan cara mengatasi tidak bisa balas percakapan di instagram.

Cara Mengatasi Tampilan Instagram Terpotong


1. Hentikan Paksa Aplikasi Instagram


Cara pertama yang bisa kalian lakukan yaitu dengan menghentikan paksa aplikasi Instagramnya. Cara ini bisa dibilang cukup manjur dan cara paling gampang yang bisa kalian lakukan. Caranya cukup mudah yaitu kalian buka Pengaturan>Aplikasi>Instagram>Lalu pilih Hentikan Paksa aplikasi.

Setelah itu kalian bisa buka lagi aplikasi Instagramnya dan lihat apakah normal atau masih bermasalah. Nah jika masih bermasalah kalian tidak usah khawatir, kalian bisa mencoba cara berikutnya.

2. Hapus Data dan Cache Aplikasi Instagram


Berikutnya kalian bisa menghapus data aplikasi Instagramnya. Cara ini juga bisa dibilang kemungkinan berhasilnya lebih dari 50%, tergantung device atau perangkat serta ke hokian kalian saja. Karena untuk bug aplikasi Instagram ini bisa terjadi di semua merk dan device yang berbeda dan tidak semua mengalami hal yang serupa walaupun pada merk, tipe dan device yang sama.

Jadi kalian setelah update aplikasi yang ke versi terbaru lalu ada beberapa tampilan atau fitur di IG yang terpotong, kalian bisa menghapus data aplikasi dan cache nya. Setelah di hapus kalian bisa login kembali dengan akun IG kalian, karena jika kita menghapus data aplikasi dipastikan data akun IG yang sudah kalian login akan hilang.

Untuk cara ini sangat saya sarankan, jika kalian ragu dengan cara pertama kalian bisa menggunakan langsung cara kedua ini, yang pasti kemungkinan berhasilnya lebih banyak.

3. Downgrade Aplikasi Instagram


Nah untuk cara berikutnya kalian bisa downgrade aplikasi Instagramnya supaya bug yang terjadi di aplikasi Instagram versi terbaru tidak muncul. Cara ini juga banyak dilakukan oleh beberapa orang karena cara ini kemungkinan berhasilnya sangatlah tinggi.

Untuk cara downgrade aplikasi IG sangat mudah, kalian tinggal cari aplikasi IG 2, 3, atau seterusnya versi sebelumnya di Google atau situs yang menyediakan old version atau aplikasi Instagram versi lama. Cara ini juga saya lakukan untuk mendapatkan tampilan aplikasi Lite yang paling simple, karena aplikasi FB Lite yang sekarang saya kira sudah mulai berat dan banyak pengaturan yang sudah di setting secara otomatis.

Dan jika kalian pengguna aplikasi setai Lite, kalian bisa baca cara mengahapus riwayat pencarian di aplikasi Lite dan cara membuat MC (Multy Chat) di aplikasi Lite dengan mudah.

4. Login Via Browser


Jika kalian sudah sering sekali membaca pembahasan saya soal beberapa masalah yang sering terjadi di Instagram, pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan cara yang satu ini. Yak, login akun IG kita ke browser merupakan cara jitu yang bisa kalian lakukan, kenapa begitu? karena semua bug atau masalah yang terjadi di aplikasi Instagram tidak akan terjadi di web Instagram itu sendiri.

Jadi cara ini dijamin berhasil, walaupun untuk di website www.instagram.com tidak lengkap fiturnya jika di bandingkan dengan aplikasinya, namun jika banyak masalah yang muncul di aplikasi maka website ini jalan satu-satunya.

Nah itu dia beberapa cara untuk mengatasi masalah tampilan Instagram yang terpotong. Kalian bisa menggunakan cara ini untuk mengatasi tampilan yang terpotong lainnya jika memang muncul di aplikasi kalian tidak harus pada story, caption ataupun komentar.

Untuk masalah ini bisa dibilang terjadi di beberapa vendor smartphone seperti Samsung, Oppo, Asus, Realme, Xiaomi dan beberapa vendor lainnya. Dan yang pasti terpotongnya tampilan ini muncul di layar smartphone yang menggunakan aspek rasio 18:9, yang memiliki ciri panjang bukan lebar.


EmoticonEmoticon