Selasa, 18 Juni 2019

Ciri-Ciri Kambing Yang Bagus & Sehat Secara Umum, Untuk Kurban, Aqiqah, atau Ternak

Ciri-Ciri Kambing Yang Bagus & Sehat Secara Umum, Untuk Kurban, Aqiqah, atau Ternak

KEPOINDONESIA.id - Siapa dari kita yang tidak tau kambing? Kambing salah satu hewan ternak yang banyak dimiliki di perdesaan selain kerbau dan sapi. Pada saat hari besar Idul Adha, hewan yang banyak dicari yaitu Sapi dan Kambing, namun untuk kali ini yang akan aya bahas tentang kambing saja. Jadi kalian harus tau kambing yang bagus dan sehat untuk Aqiqah ataupun untuk kurban.

Memilih kambing yang sehat dan bagus itu perlu, karena nantinya daging kurban akan dibagikan ke banyak orang. Mungkin ada beberapa orang yang sering membeli kambing bahkan tau benar soal kambing hanya tau beberapa ciri jika kambing tersebut memang benar-benar sehat.

Tapi perlu kalian tau, ternyata ada banyak sekali ciri-ciri yang menandakan kambing tersebut memang benar-benar sehat. Jadi kalian wajib tau ciri kambing yang bagus dan ciri kambing yang sehat, jika kalian tau nantinya kalian tidak akan mendapatkan kambing yang tidak sehat.

Untuk itu berikut cara memilih kambing yang sehat dan bagus untuk Aqiqah dan Kurban. Namun sebelum itu kalian bisa baca cara membuat bakso dirumah sendiri dengan blender. Dan juga untuk postingan lengkap soal kambing untuk kurban, kambing untuk aqiqah, harga kambing kurban, harga kambing untuk aqiqah dan lain-lainnya akan saya bahas di postingan selanjutnya.

Ciri-ciri Kambing Yang Sehat


1. Gerak-gerik kambing lincah, kuat, pinggang lurus, kakinya kokoh dan tegak, dan memiliki ukuran tubuh yang besar dan panjang tapi tidak gemuk.

2. Mata kambing sehat, sehat disini yaitu bisa melihat dengan jelas dan fokus tidak menoleh kesana-kemari.

3. Bagian gigi dan rahang harus kuat, dengan ciri saat kambing mengunyah makanan terlihat kuat dan sedikit bunyi keras.

4. Bagian kuku kambing harus bersih, untuk memastikan tidak ada cacing di bagian tersebut.

5. Memiliki sepasang Tanduk

Nah itu dia beberapa ciri untuk mengetahui kambing itu sehat atau tidak dan nantinya kalian bisa memutuskan bisa untuk kurban ataupun aqiqah tidak. Secara umum, mungkin itu saja ciri kambing yang sehat, namun biasanya kambing untuk kurban dan aqiqah memiliki kriteria yang sedikit berbeda, jadi ciri diatas yaitu ciri kambing yang sehat secara umum baik kambing jawa, gibas, ataupun etawa.

Kalian bisa menggunakan 4 ciri-ciri tersebut misalnya untuk membeli kambing yang bagus untuk diternak, atau saat memilih bibit kambing yang unggul atau untuk dijual kembali di kota misalnya. Yang pasti kita wajib melihat kambingnya secara langsung untuk memastikan kambing tersebut memang benar-benar sehat dan bagus.


EmoticonEmoticon