Jumat, 03 Mei 2019

Arti & Fungsi Luncurkan Secara Default Serta Cara Mengatur Default Aplikasi

Arti & Fungsi Luncurkan Secara Default Serta Cara Mengatur Default Aplikasi

KEPOINDONESIA.id - Aplikasi merupakan sebuah software pendukung dari perangkat yang kita gunakan baik Smartphone ataupun Komputer. Di Android sendiri banyak aplikasi yang fungsi nya sama tapi beda perusahaan ataupun beda pengembang atau developer. Jadi karena banyak nya aplikasi yang sama maka tersedia fitur luncurkan secara default untuk memudahkan kita dalam memilih aplikasi mana yang akan kita gunakan.

Aplikasi yang sama biasanya seperti Browser, aplikasi Pemutar Video, aplikasi edit foto dan masih banyak yang lainnya. Secara umum aplikasi default di Android untuk Browser, Pemutar video dan Aplikasi edit foto sudah ada bawaan dari HP nya, namun banyak yang merasakan kurang puas dan akhirnya mendownload aplikasi yang serupa di Play Store.

Lalu apa arti luncurkan secara default yang sering kalian lihat di info aplikasi di pengaturan? Semua aplikasi pasti bisa dijadikan default aplikasi tidak terkecuali aplikasi yang di di install dari Play Store ataupun luar Play Store. Biasanya nantinya saat kita memiliki aplikasi yang serupa akan muncul pemberitahuan atau pop up tandai sebagai default.

Luncurkan sebagai default, tandai sebagai default atau pilih sebagai aplikasi default adalah aplikasi tersebut nantinya akan dijadikan aplikasi utama. dalam tugas yang berkaitan dengan aplikasi tersebut. Misal kalian memiliki 3 aplikasi edit Foto yaitu PixelLab, Picsay Pro dan PicsArt.

Nah sebelum kalian menentukan aplikasi default untuk edit foto pasti pertanyaan kalian ingin mengedit foto lewat aplikasi Picsay Pro, PixelLab atau PicsArt pasti akan selalu muncul. Jika kalian sudah menentukan aplikasi defaultnya misalnya Picsay Pro nantinya jika kalian ingin mengedit foto akan langsung terbuka aplikasi Picsay Pro nya.

Aplikasi Default

Misalnya saya bisa menonton video lewat Pemutar Video bawan HP, aplikasi Video SHAREit, MX Player Pro, dan Player UC Mini. Sebelum saya tentukan aplikasi defaultnya pasti pertanyaan seperti Buka dengan pasti akan muncul terus baik jika ingin melihatnya lewat Media atau lewat Manajer File.

Namun jika sudah saya tetapkan aplikasi defaultnya yaitu MX Player Pro dengan memilih Buka dengan MX Player Pro selalu nantinya jika kita menonton video dimana saja akan selalu diarahkan ke MX Player Pro. Tidak akan muncul lagi pop up Buka dengan, tandai sebagai, atau pilih sebagai aplikasi default lagi.

Cara Menetapkan Aplikasi Default

Nah untuk menghapus, mereset, mengganti atau mengatur aplikasi default open aplikasi baik untuk browser, sms atau yang lainnya sangatlah mudah. Sebagai contoh saya akan menghapus atau mereset aplikasi default pemutar video yang sudah saya pilih yaitu MX Player Pro ke aplikasi yang lainnya.

Caranya silakan kalian pergi ke Pengaturan>Aplikasi lalu cari aplikasi yang sekarang menjadi default karena saya akan menghapus defaultnya MX Player Pro jadi saya mencari aplikasi tersebut. Setelah itu liat apakah aplikasi tersebut memang menjadi aplikasi default atau tidak.

Jika ada tulisan seperti "Anda telah memilih meluncurkan apl ini secara default untuk beberapa tindakan" berarti aplikasi tersebut memang sudah distel menjadi aplikasi default. Jika tulisannya seperti ini "Tidak ada setelan default" berarti aplikasi tersebut tidak atau belum di stel menjadi aplikasi default. Untuk mengahapus setelan default aplikasi silakan klik saja Hapus Default.

Mereset Aplikasi Default di Android

Untuk mengatur aplikasi menjadi default silakan kalian buka aplikasi yang bersangkutan dan nantinya biasanya akan terbuka pop up untuk pilih default aplikasi. Baik untuk Browser, aplikasi SMS, Pemutar Video ataupun aplikasi Edit foto.


EmoticonEmoticon