Rabu, 27 Maret 2019

Pengertian MRT dan Perbedaan MRT dan LRT

Pengertian MRT dan Perbedaan MRT dan LRT

KEPOINDONESIA.id - Moda transportasi umum merupakan transportasi yang banyak diminati banyak orang jika memiliki tarif serta pelayanan yang memuaskan. Transportasi umum cocok untuk orang yang sering berpindah-pindah tempat untuk sekedar berlibur atau shopping dalam suatu kawasan kecil, seperti perkotaan misalnya. Karena menggunakan transportasi atau angkutan umum kita tidak perlu memikirkan parkir dan kendaraan kita. Seperti MRT Jakarta yang baru diresmikan, pasti banyak orang yang menunggu hal itu khususnya orang yang enggan membawa kendaraan sendiri.

Dengan menggunakan transportasi umum kita bebas mulai di tempat A dan berakhir di tempat B atau D, karena kita bisa langsung pulang walaupun di tempat B atau D tidak perlu kembali ke tempat A untuk mengambil kendaraan. Seperti jika kalian menggunakan MRT Jakarta fase I dengan rute Lebak Bulus - Bundaran HI.

Lalu apa itu MRT? Kalian pasti bingun apa sih MRT itu? apa sama dengan kereta biasa? apa MRT itu kereta cepat? nah dari pada bingung langsung saja simak penjelasan pengertian MRT berikut ini.

Pengertian MRT


MRT (Mass Rapid Transit) secara harfiah merupakan angkutan yang dapat mengangkut penumpang dengan jumlah yang besar dan banyak secara cepat. MRT Jakarta sendiri disebut Mass Rapid Transit Jakarta, Moda Raya Terpadu atau Angkutan Cepat Terpadu Jakarta.

Pada umumnya MRT juga ikut dalam kategori kereta yang dioperasikan secara otomatis yang dapat melaju hingga 100KM/jam. Sebagai sebuah system, MRT adalah transportasi massal dengan transit cepat yang merupakan transportasi berbasis rel listrik yang efektif dan nyaman dan telah terbukti dengan banyak diterapkannya moda transportasi ini di kota-kota besar di berbagai Negara.

Perbedaan MRT, LRT


Lalu apa perbedaan MRT dan LRT? Sekilas MRT dan LRT memang sedikit berbeda dengan kereta biasa seperti KRL (Kereta Rel Listrik), lalu apa perbedaan 2 moda transportasi tersebut? Pertama kapasitas LRT lebih sedikit daripada MRT karena hanya memiliki beberapa gerbong yang ukurannya pun jauh lebih pendek dari pada MRT.

Selain itu perlintasan LRT hanya jalur layang (elevated) saja, berbeda dengan MRT yang menggunakan jalur layang dan bawah tanah (underground). Dan terakhir yang paling mencolok mungkin segi kecepatan MRT lebih cepat daripada LRT (Light Rail Transit).

Nah itu dia sedikit pengertian dan penjelasan soal MRT yang Indonesia baru memiliki 1 dan pertama yang baru saja diresmikan di Jakarta. Serta perbedaan MRT dan LRT dari segi kapasitas, lintasan, dan kecepatan.


EmoticonEmoticon